Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
921

Turunnya Harga Minyak Membuat Chevron Akhiri Kontrak, PHI: PHK Sah

Ilustrasi. (gambar: bisnis.com)
Ilustrasi. (gambar: bisnis.com)

Pekanbaru | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, menolak untuk mengabulkan tuntutan Sulianto, dkk (8 orang), yang meminta agar pemutusan hubungan kerja (PHK) sejak April 2016 oleh PT. Asia Petrocom Service dibatalkan. PHI menilai, alasan perusahaan memutuskan hubungan kerja adalah karena efisiensi, sebagai akibat dari berakhirnya kontrak kerjasama dengan PT. Chevron Pacific Indonesia pada Oktober 2015.

Majelis Hakim PHI yang diketuai oleh Hakim Martin Ginting, juga mempertimbangkan adanya aturan dalam perjanjian kerja, yang memuat kebolehan pengakhiran hubungan kerja dengan alasan pekerjaan yang diperjanjikan sudah tidak ada lagi. Penurunan harga minyak dari USD 100 per barel menjadi dibawah USD 50 per barel, membuat Chevron menghentikan kerjasama dengan tempat kerja Sulianto, dkk.

Atas pertimbangan tersebut, PHI menilai PHK yang dilakukan oleh PT. Asia Petrocom Service terhitung sejak 8 April 2016, haruslah disertai dengan pemberian uang pesangon sebesar 2 kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai Pasal 156 ayat (3) serta ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. “Mengabulkan gugatan para Penggugat untuk sebagian,” ujar Ginting membacakan amar Putusan No. 75/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Pbr, Kamis (12/01/2017) lalu.

Sebelumnya Sulianto menolak langsung diputuskan hubungan kerjanya, karena seharusnya maksud PHK diajukan terlebih dahulu melalui lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Tindakan perusahaan yang berlokasi di Kota Duri Mandau, Bengkalis tersebut, dinilai Sulianto sebagai pelanggaran terhadap Pasal 151 ayat (3) UU 13/2003, sehingga PHK yang dilakukan perusahaan menjadi batal demi hukum. (-02)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Jono Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Jono
Guest
Jono

SPSI-nya kelihatan berpihak sama perusahaannya.