Selasa, 16 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
762

Urine Jadi Bukti PHK, MA Hukum Perusahaan Bayar Upah 25 Bulan

Ilustrasi. (foto: waspada.co.id)

Jakarta | Mengandung metamfetamina dalam urine-nya, Samsul Bahri dinyatakan Mahkamah Agung (MA) telah cukup alasan untuk diputuskan hubungan kerja. Sehingga pertimbangan hukum Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Mataram, yang mengargumentasikan tidak adanya bukti dan fakta hukum terkait sangkaan Samsul mengkonsumsi alkohol, dianggap MA tidak relevan.

Hasil laboratorium dan forensik yang diterbitkan Kepolisian di Denpasar pada Oktober 2014, menyatakan kandungan urine Samsul mengandung narkotika menjadi bukti bagi MA untuk menyatakan putus hubungan kerja dengan PT. Newmont Nusa Tenggara terhitung sejak 14 Maret 2016. Dengan demikian, MA menilai terdapat cukup alasan untuk membatalkan Putusan PHI Mataram No. 2/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Mtr.

Terhadap fakta hukum tersebut, MA dalam Putusannya No. 1116 K/Pdt.Sus-PHI/2016, mengkualifikasikan tindakan Samsul telah melanggar Perjanjian Kerja Bersama (PKB), dan sesuai ketentuan Pasal 161 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, hubungan kerja antara PT. Newmont dan Samsul sejak November 1999 dinyatakan putus dengan pemberian uang pesangon sebesar 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3) serta ayat (4) UU 13/2003.

Tak hanya kompensasi uang pesangon yang seluruhnya berjumlah Rp.92,7 juta, dengan mendasarkan pada adanya surat skorsing yang menyatakan upah skorsing akan dibayarkan hingga adanya penetapan dari PHI. Maka MA juga menetapkan kewajiban membayar upah selama skorsing terhitung sejak Desember 2014 hingga dijatuhkannya Putusan PHI selama 25 bulan, atau setara dengan Rp.134,3 juta.

Sebelumnya, PHI Mataram telah menolak gugatan PT. Newmont yang menuntut agar hubungan kerjanya dengan Samsul dinyatakan berakhir karena pelanggaran disiplin. Selain itu, perusahaan yang berlokasi di Jl. Sriwijaya, Mataram tersebut, bersedia memberikan uang kompensasi PHK sebesar Rp.100 juta. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of