Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.922

PHI: Karyawan Tetap Tidak Dapat Diberi Target Pekerjaan

Ilustrasi. (gambar: avatarcube.com)

Pekanbaru | Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, menilai pemutusan hubungan kerja terhadap Hendri dan Agus Seventri oleh PT. Agung Automal, melanggar Pasal 155 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Pasalnya, perusahaan belum mendapatkan penetapan dari PHI Pekanbaru, dalam rangka memutus hubungan kerja kedua pekerjanya tersebut.

Menurut Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Joni, alasan pemutusan hubungan kerja karena tidak memenuhi target pekerjaan yang telah ditetapkan, adalah tidak tepat diberikan kepada kedua pekerja yang berstatus pekerja tetap itu. Dalam pertimbangan hukumnya, Joni berpendapat, target kerja hanya dapat diberikan kepada pekerja dengan waktu kerja tertentu (kontrak).

“Contoh Perjanjian Kerja berlaku selama enam bulan dengan target kerja penjualan empat mobil Toyota yang harus dicapai adalah selama enam bulan perjanjian kerja, maka jika tidak tercapai target kerja selama perjanjian kerja enam bulan tersebut terhadap pekerja dapat diputus hubungan kerjanya,” ujar Joni membacakan pertimbangan hukum dalam perkara No. 66/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Pbr itu.

Joni juga menganggap tindakan perusahaan yang langsung memutuskan hubungan kerja, tanpa pemberian surat peringatan kesatu, kedua dan ketiga terlebih dahulu, lalu secara langsung menghapus nama Hendri dan Agus dalam sistem management sejak awal April 2016, merupakan tindakan yang bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan.

Terhadap pertimbangan hukum tersebut, perusahaan dihukum untuk membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai dengan Pasal 156 ayat (2), (3) dan (4) UU 13/2003. Selain itu, Majelis Hakim juga memerikntahkan perusahaan untuk membayar kekurangan upah sejak Juli sampai dengan Desember 2015, THR serta upah proses sejak bulan Januari hingga Juli 2016. “Mengabulkan gugatan para Penggugat untuk sebahagian,” ujar Joni. (-02)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
OSEN Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
OSEN
Guest
OSEN

Artikel2 yg selama ini dan Cukup menarik bagi kami sbg aktivis buruh sbg edukasi dan pengetahuan dlm bidang perburuhan….thanks