Senin, 16 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.107

Dipecat Akibat Gunakan Uang Setoran, Perusahaan Tetap Wajib Bayar Pesangon

Ilustrasi. (foto: sindonews.com)
Ilustrasi. (foto: sindonews.com)

Jakarta | PT. Mandala Multi Finance Cabang Palu oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palu, tetap diwajibkan membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sebesar Rp.13 juta, sebagai kompensasi atas pemutusan hubungan kerja terhadap Moh. Ilyas.

Meskipun perusahaan menggunakan alasan kesalahan berat, karena Moh. Ilyas dianggap telah menggunakan uang setoran konsumen sebesar Rp.2 juta. Namun, perusahaan jasa keuangan tersebut tetap dihukum untuk membayar uang pesangon. Hal tersebut juga dipertegas oleh Mahkamah Agung (MA), karena pemutusan hubungan kerja dengan alasan kesalahan berat yang mengacu pada Pasal 158 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, sudah tidak lagi dapat diterapkan setelah adanya Putusan Mahkamah Konstitusi No. 012/PUU-I/2003.

Sehingga, MA menilai Putusan PHI Palu No. 29/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Pal, tidak bertentangan dengan hukum atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Mengadili, menolak permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi PT. Mandala Multi Finance Palu tersebut”, demikian dikutip dari salinan Putusan Kasasi MA No. 66 K/Pdt.Sus-PHI/2017.

Sebelumnya, Ilyas tak terima diputuskan hubungan kerja sejak Januari 2016, tanpa diberikan hak-haknya sesuai masa kerjanya selama 3 tahun lebih. Ilyas yang hanya diupah sebesar Rp.1,9 juta perbulan, dalam dalil gugatannya mengakui telah menggunakan uang setoran konsumen akibat adanya kebutuhan pribadi yang sangat mendesak, namun uang itu telah dikembalikannya. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of