Type to search

Sekitar Kita

Dipecat Karena Tuntut Jadi Karyawan Tetap, Buruh Adukan Pabrik Asbes ke DPRD

Share

Lima buruh pabrik asbes adukan perusahaannya ke DPRD Demak Raya, Senin (24/7) kemarin.

Demak | PT. Nusantara Building Industries yang memproduksi asbes, diadukan oleh lima pekerjanya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Demak, Senin (24/7) kemarin. Para buruh yang didampingi oleh Pengacara Publik dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Demak Raya Ahmad Zaini, ditemui oleh Ketua Komisi D Syafi’i Afandi. Dalam pertemuan tersebut, para buruh mengadukan pemberhentian sepihak yang dilakukan oleh perusahaan.

Perwakilan buruh, Imam Mustaufiq memaparkan awal sengketa yang dialaminya. Awalnya mereka berupaya untuk meminta kejelasan status hubungan kerjanya selama ini berupa kontrak. Mereka ingin diangkat menjadi pekerja tetap, tetapi kenyataannya kini mereka di-PHK. “Tidak apa-apa kami di PHK tapi harus mendapat pesangon sesuai perundangan yang berlaku”, ujar Mustaufiq.

Mereka berharap, DPRD dapat segera membantu penyelesaian kasus pemberhentian sepihak yang dilakukan perusahaan. “Karena belum sesuai, kami mengadukan nasib kami kepada DPRD sebagai representatif perwakilan masyarakat Demak, kami berharap DPRD dengan kewenangannya dapat memberikan dukungan kepada buruh yang mendapatkan perlakuan sewenang-wenang dari Perusahaan”, bebernya.

Menanggapi permintaan para buruh, Syafi’i menjanjikan akan segera memanggil managemen perusahaan untuk meminta klarifikasi, dan meminta agar persoalan dengan para buruh segera diselesaikan. Janji Syafi’i tersebut, mendapatkan tanggapan dari Anwar Sadad Sekretaris LBH Demak Raya, ia mengatakan, jika upaya yang sudah ditempuh sekarang ini tidak membuahkan hasil, maka kami juga akan melaporkan ke Dewan Pengawas Provinsi, karena sekarang kewenangan pengawasan ada di Provinsi dan kami juga siap mengawal kasus ini bila harus diselesaikan di persidangan, tutup Anwar. (-03)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *