Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.104

Diputus Bekerja Kembali Setelah Dipecat Sebagai Harian Lepas

Ilustrasi.

Jakarta | Perjanjian kerja harian lepas yang dibuat oleh PT. Bola Intan Elastic dengan Andik Sasmiko, dkk (8 orang), dinyatakan batal oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, dan hubungan kerja pekerja menjadi pekerja tetap (perjanjian kerja waktu tidak tertentu).

PHI menilai perusahaan telah melanggar aturan keharusan bekerja paling lama 21 hari dalam sebulan, dan paling lama hanya 3 bulan bagi pengusaha yang ingin mempekerjakan pekerja dengan hubungan kerja harian lepas. Sedangkan perusahaan mempekerjakan Andik dan kawan-kawan antara 5 hingga 7 tahun.

Sependapat dengan Putusan PHI No. 6/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Srg tersebut, Majelis Hakim Kasasi pada Mahkamah Agung (MA) yang diketuai oleh Hakim Agung Sudrajad Dimyati menyatakan, “Bahwa pekerja harian lepas yang bekerja 21 (dua puluh satu) hari atau lebih selama 3 (tiga) bulan berturut-turut atau lebih maka perjanjian kerja harian lepas berubah menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu, karena itu hubungan kerja antara Pemohon Kasasi dan Termohon Kasasi berdasarkan PKWT batal demi hukum”.

Tak hanya perubahan status Andik dan kawan-kawan dari pekerja harian lepas menjadi pekerja tetap, tetapi juga pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan sejak Januari 2015 dinyatakan batal dan diwajibkan bagi pengusaha untuk mempekerjakan kembali. “Memerintahkan Tergugat untuk mempekerjakan kembali Para Penggugat di perusahaan Tergugat dengan tetap membayar upah dan hak-hak lainnya yang selama ini diterima oleh Para Penggugat dengan  perjanjian kerja waktu tidak tertentu”, tegas Surajad. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of