Type to search

Berita

Dituduh Menghilangkan Kabel Listrik, Satpam Diminta Mengundurkan Diri

Share

Ilustrasi.

Medan | Sebagai Satuan Pengamanan (Satpam), Tri Widodo diminta oleh PT. Industri Pembungkus Internasional untuk bertanggung-jawab atas hilangnya kabel listrik senilai Rp.80 juta. Perusahaan meminta Widodo untuk mengganti rugi atas hilangnya kabel tersebut, atau mengundurkan diri. Dalam keadaan kalut, akhirnya Widodo memilih mengundurkan diri, sehari setelah terjadinya kehilangan kabel pada 19 April 2016.

Setelah dirinya menyerahkan surat pengunduran diri, ternyata kabel yang semula dinyatakan hilang, diketemukan kembali, sehingga seharusnya pengunduran diri yang dilakukan Widodo dianggap tidak ada dan haruslah dipekerjakan kembali. Namun permintaan Widodo kepada perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri Medan itu, tidak ditanggapi.

Tindakan perusahaan, dinilai Widodo tidak patut. Sehingga ia menggugat perusahaan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan sejak 24 Februari 2017 lalu. Widodo meminta masa pengabdiannya selama 25 tahun lebih, disertai dengan pemberian uang pesangon dua kali ketentuan undang-undang sebesar Rp.79,9 juta, dan upah selama tidak dipekerjakan sebesar Rp.29,7 juta.

Terhadap gugatan Widodo, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Masrul, menilai surat pengunduran diri Widodo tidak sesuai dengan Pasal 162 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Menurut Masrul, sahnya pengunduran diri seorang pekerja adalah apabila permohonannya tersebut diajukan sekurang-kurangnya tiga puluh hari sebelum tanggal dimulainya mengundurkan diri.

“Menyatakan tidak sah secara hukum Surat Pengunduran Diri tanggal 20 April 2016”, ujar Masrul membacakan amar Putusan No. 43/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Mdn, Kamis (8/6) lalu. Dengan dinyatakan tidak sahnya pengunduran diri Widodo, maka akibat dari pemutusan hubungan kerja sejak 20 April 2016, PHI hanya mengabulkan tuntutan uang pesangon yang diajukan Widodo sebesar Rp.79,9 juta. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *