Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.394

Tidak Ada Nota Pengawas, MA Batalkan Perubahan Pekerja Tetap

Ilustrasi. (foto: merdeka.com)
Ilustrasi. (foto: merdeka.com)

Jakarta | Perubahan status Pujiyanto, dkk (62 orang) dari pekerja dengan hubungan kerja waktu tertentu (kontrak) menjadi pekerja waktu tidak tertentu (tetap) di PT. Osaga Mas Utama, yang diputuskan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada 8 September 2016 lalu, dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Mahkamah menilai, tidak ada alasan hukum yang dapat menjadi dasar untuk mempertimbangkan perubahan status Pujiyanto. Sebab, bukti kartu pengenal karyawan (ID Card) dengan bukti slip gaji, tidak ada yang bersesuaian. Selain itu, Mahkamah juga mempertimbangkan tidak adanya Nota Pengawasan yang diterbitkan oleh Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan, yang menyatakan adanya perubahan status hubungan kerja Pujiyanto.

Atas pertimbangan hukum tersebut, Mahkamah berpendapat, hubungan kerja Pujiyanto, dkk adalah pekerja kontrak PT. Osaga. “Mengadili, mengabulkan permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi PT. Osaga Mas Utama”, ujar Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Senin (23/1/2017) lalu saat membacakan amar Putusan No. 1069 K/Pdt.Sus-PHI/2016.

Putusan MA, setidaknya telah membatalkan Putusan PHI Jakarta Pusat yang telah menghukum perusahaan sepatu yang berlokasi di Jalan Kamal Muara III, Jakarta Utara itu, untuk membayar uang pesangon dan upah selama tiga bulan kepada Pujiyanto, dkk, sebesar Rp.4,1 miliar. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of