Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
608

Bekerja di Bagian Cor, PHI Ubah Status Pekerja Kontrak Menjadi Tetap

Ilustrasi.

Gresik | PT. Ever Age Valves Metals dihukum oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gresik, untuk membayar sebesar Rp.26 juta kepada Ade Arianto, Jum’at (19/5/2017) lalu. Melalui Putusan No. 5/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Gsk, PHI menilai perjanjian kontrak yang dibuat oleh perusahaan, bertentangan dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Majelis Hakim PHI yang diketuai oleh Hakim Herdiyanto Sutantyo, menemukan fakta hukum tentang produk yang dihasilkan oleh perusahaan yaitu berupa kran air dari bahan kuningan hanya dapat diproses melalui pengecoran, yang merupakan pekerjaan sehari-hari Ardianto. Sehingga, pekerjaan yang dikerjakan merupakan bagian utama dari proses produksi.

Selain itu, terdapat bukti alur produksi yang telah disahkan oleh Asosiasi Perusahaan Pengerjaan Logam dan Mesin, yang mengkuatkan bagian pekerjaan yang dikerjakan oleh Arianto merupakan bagian produksi yang bersifat tetap. Atas pertimbangan hukum tersebut, Majelis PHI tidak sependapat dengan tindakan perusahaan yang menerapkan perjanjian kerja waktu tertentu kepada Arianto.

“Menimbang, bahwa oleh karena itu terhadap dalil Tergugat, yang mendalilkan bahwa jabatan operator cor pres yang dijabat oleh Penggugat dapat dilaksanakan dengan perjanjian kerja waktu tertentu, Majelis Hakim tidak sependapat karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003”, ujar Sutantyo.

Lebih lanjut Sutantyo mengatakan, dengan beralihnya hubungan kerja Arianto menjadi pekerja tetap, maka segala akibat hukum dari putusnya hubungan kerja haruslah mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku. Dengan mempertimbangkan keadilan dan kemanfaatan hukum, PHI membolehkan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan perusahaan dengan kualifikasi efisiensi, yang disertai pemberian uang pesangon sebesar dua kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), dan uang penggantian hak sesuai Pasl 156 ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of