Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
667

Belum Dipensiunkan, Ini Yurisprudensi Putusan Usia Pensiun

Ilustrasi.

Jakarta | Kasus Suwardi melawan Perusahaan SBS, merupakan kasus pemutusan hubungan kerja karena memasuki usia pensiun yang menjadi salahsatu catatan buruhonline terakhir hingga saat ini. Dalam perkara bernomor 478 K/Pdt.Sus-PHI/2017 tanggal 18 Mei 2017, Mahkamah Agung (MA) kembali menegaskan dasar hukum atas usia pensiun pekerja, yang telah memasuki usia 60 tahun.

Suwardi terpaksa menggugat perusahaannya, lantaran ia yang telah bekerja selama 18 tahun dan berusia 60 tahun lebih masih dipekerjakan, padahal sudah tidak mampu lagi bekerja. Ia juga sudah meminta bantuan Dinas Tenaga Kerja, namun keinginannya untuk berhenti bekerja dengan disertai pemberian uang pesangon, tidak dikabulkan oleh perusahaan. Dalam perkara tersebut, MA dalam menetapkan hak-hak Suwardi dengan alasan pemutusan hubungan kerja karena usia pensiun, menggunakan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 2/Men/1995.

Sebelumnya, MA juga telah pernah memutus dasar hukum usia pensiun dalam perkara No. 120 K/Pdt.Sus-PHI/2016 tanggal 11 Mei 2016, antara Imam Subagio melawan PT. Panasia Indo Resources Tbk. Kala itu, MA menggunakan Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun. Dalam perkara selanjutnya, MA melalui perkara No. 179 K//Pdt.Sus-PHI/2016 tanggal 26 Mei 2016, juga menghukum PT. Kawasan Berikat Nusantara Cakung untuk memberikan hak-hak Tomy Sonday, dkk (13 orang) akibat pemutusan hubungan kerja karena memasuki usia pensiun.

Tak hanya MA, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) juga pernah memutus perkara serupa. Putusan PHI Palangka Raya, menurut catatan buruhonline, menjadi satu-satunya putusan yang berisi perintah untuk dapat dijalankan terlebih dahulu walau ada upaya kasasi ke MA. Dalam putusan No. 4/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Plk tanggal 20 Juni 2017, PHI menghukum PT. Mukti Sawit Kahuripan untuk membayar uang pesangon akibat pemutusan hubungan kerja karena usia pensiun Bambang Winarto ddan Mujianto yang telah berumur 60 tahun. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of