Type to search

Berita

Lebih Dari 3 Tahun Bekerja, Status PKWT Menjadi PKWTT

Share

Ilustrasi. (gambar: blog.talenta.co)

Jakarta | Terbukti hubungan kerja telah lebih dari 3 (tiga) tahun, status Endang Kamaludin yang semula dianggap oleh PT. Asalta Mandiri Agung, sebagai pekerja waktu tertentu (kontrak) berubah menjadi pekerja tetap. Endang yang telah bekerja selama lebih dari 5 tahun itu, dinilai berhak mendapatkan uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan undang-undang, yang seluruhnya sebesar Rp.42,7 juta.

Padahal, sebelumnya Endang menuntut agar dipekerjakan kembali melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Tak hanya itu, Endang juga meminta PHI menetapkan sita jaminan berupa 1,5 hektar tanah milik perusahaan, 11 mobil dan 12 unit mesin. Namun dalam amar putusan No. 186/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Bdg tanggal 6 Maret 2017, PHI justru menyatakan hubungan kerja keduanya terputus sejak pemutusan hubungan kerja terjadi pada 14 Desember 2015.

PT. Asalta keberatan terhadap Putusan PHI Bandung. Ia mendalilkan Endang sering tidak masuk bekerja dan melanggar surat pernyataan akan bekerja sungguh-sungguh yang ia tanda-tangani sendiri. Terhadap keberatan tersebut, Mahkamah Agung (MA) berpendapat, tidak adanya dugaan kelalaian yang dilakukan oleh Hakim PHI Bandung, yang dapat menyebabkan batalnya suatu putusan.

“Mengadili, menolak permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi PT. Asalta Mandiri Agung, tersebut”, ujar Hakim Agung Ibrahim, Senin (31/7/2017) saat membacakan amar putusan kasasi dalam perkara No. 773 K/Pdt.Sus-PHI/2017. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *