Type to search

Berita

Target Kerja Tak Diatur Dalam Kontrak, PHK Tidak Sah

Share

Ilustrasi. (gambar: merdeka.com)

Gorontalo | Tindakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Kresna Reksa Finance terhadap Olviyanto Yadi yang telah bekerja selama 4 tahun lebih terhitung 4 Nopember 2016 itu, dinyatakan tidak sah oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gorontalo, Selasa (6/6/2017).

Diketuai oleh Hakim Ngguli Liwar Mbani Awang, Majelis Hakim PHI Gorontalo menilai surat pernyataan siap mengundurkan diri jika tidak dapat memenuhi target pekerjaan, tidaklah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh undang-undang. Tidak terpenuhinya target pekerjaan bagi setiap pekerja, seharusnya dilakukan dengan cara melakukan pembinaan berupa peringatan kesatu, kedua dan ketiga secara bertahap dengan jeda waktu.

Selain itu, menurutnya, perjanjian kerja waktu tertentu yang dibuat oleh perusahaan, tidak memuat akibat dari tidak terpenuhinya target pekerjaan, dan ternyata perjanjian kerja tersebut tidak dicatatkan ke instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 100 Tahun 2004.

“Menimbang bahwa terhadap perjanjian kerja yang tidak didaftarkan pada instansi yang berwenang sebagaimana ketentuan Kepmen 100/MEN/VI/2004, maka sebagaimana ketentuan Pasal 52 ayat (3) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, perjanjian Kerja tersebut tidak memenuhi syarat dan tidak sah, sehingga perjanjian kerja yang dibuat oleh para pihak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan menjadi batal demi hukum”, ujar Awang membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan No. 11/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Gto itu.

Lebih lanjut Awang menyatakan, tuntutan Olviyanto sepanjang kompensasi uang pesangon sebagai akibat dari pemutusan hubungan kerja yang dilakukan perusahaan yang berlokasi di Dungingi, Kota Gorontalo itu, haruslah dikabulkan. Dalam amar putusannya, PHI menetapkan besaran uang pesangon dan upah selama tidak dipekerjakan sebanyak 7 bulan, yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp.39 juta. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *