Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
562

Demo Buruh: Tuntut Status Pekerja Tetap, Pabrik Es Krim Syaratkan Pengangkatan

Ratusan buruh PT. Alpen Food Industry, Bekasi melakukan mogok kerja.
Ratusan buruh PT. Alpen Food Industry, Bekasi melakukan mogok kerja.

Bekasi | Untuk kedua kalinya sejak 17 Nopember lalu, ratusan buruh PT. Alpen Food Industry, Bekasi melakukan mogok kerja. Para buruh yang mayoritas adalah perempuan, menuntut dipekerjakan sebagai pekerja tetap. Mereka menganggap, perusahaan pabrik es krim dengan merk AICE itu, tidak memenuhi syarat untuk mempekerjakan pekerjanya dengan status kontrak.

Dalam pemogokan pertama yang dilakukan sejak 2 Nopember, para buruh yang didampingi oleh Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI), telah setuju adanya pengangkatan pekerja berdasarkan hasil dialog dengan perusahaan yang difasilitasi oleh pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi. Namun, alih-alih langsung mengangkat pekerjanya menjadi pekerja tetap, diikuti dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak pekerja.

PT. Alpen menerbitkan surat edaran yang berisi tentang prosedur pengangkatan pekerja melalui proses seleksi. Sontak syarat tersebut ditolak oleh pihak pekerja. Sebab, perusahaan tidak memenuhi syarat mempekerjakan pekerja kontrak dalam Pasal 59 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 dan Kepmenakertrans No. 100 Tahun 2004. Tidak terpenuhinya syarat itu, menyebabkan status kontrak menjadi batal demi hukum, dan dengan sendirinya menjadi pekerja tetap.

Melalui press release yang diterima redaksi buruhonline.com, pabrik es krim yang rencananya akan menjadi salah satu sponsor penyelenggaraan Asian Games 2018 itu, dinilai telah menciderai hak kepastian bekerja para pekerjanya. Apalagi adanya dugaan pelanggaran penyimpangan pemberian upah yang tidak sesuai dengan besaran upah minimum yang berlaku di tahun 2016. (-02)

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminboSylvana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Sylvana
Guest
Sylvana

Mengenai aksi demonstrasi dan mogok kerja #salam15hari buruh PT Alpen Food Industry yang direncanakan pada hari Jumat tanggal 17 November 2017 hingga Sabtu, 2 Desember 2017, PT Alpen Food Industry selaku pihak yang dilibatkan hendak memberikan penjelasan sebagai berikut: 1. Perusahaan sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh sebagian pekerja yang tergabung dalam Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) PT Alpen Food Industry. Dengan ini Perusahaan yang beroperasi dan memproduksi es krim di Indonesia sejak tahun 2015 ingin menegaskan kembali bahwa perusahaan selalu menilai pekerja sebagai sumber daya paling berharga yang dimiliki dan selama ini selalu mencoba menjalankan budaya penuh moral… Read more »