Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
337

Syaratkan Masa Percobaan di Perjanjian Kontrak, MA Perkuat Putusan Pengadilan

Ilustrasi. (foto: bangkilhi.or.id)

Jakarta | PT. Umbul Rejeki dijatuhi hukuman untuk membayar uang pesangon sebesar Rp.79 juta kepada Dede Saripudin, dkk (4 orang), oleh Majelis Hakim Agung, Kamis (16/3/2017) lalu. Hakim Panji Widagdo yang memimpin sidang pembacaan putusan, menyatakan perusahaan tidak dapat mensyaratkan adanya masa percobaan dalam menerapkan ketentuan perjanjian kerja waktu tertentu.

Ia menilai, perusahaan telah melanggar hukum ketenagakerjaan, karena telah menerapkan masa percobaan. “Bahwa Perjanjian Kerja Waktu Tertentu yang ditandatangani para pihak mengatur adanya masa percobaan, hal mana bertentangan dengan ketentuan Pasal 58 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, menyatakan bahwa Perjanjian Kerja Waktu Tertentu tidak dapat mensyaratkan masa percobaan”, ujar Panji.

Atas pertimbangan hukum tersebut, Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, dinilai oleh MA tidak bertentangan dengan hukum. Oleh karenanya, MA berpendapat, permohonan keberatan terhadap Putusan PHI Bandung No. 73/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Bdg tanggal 21 September 2016, yang sebelumnya telah menghukum perusahaan untuk membayar uang pesangon, haruslah ditolak.

Dengan demikian, MA dalam Putusan No. 222 K/Pdt.Sus-PHI/2017, memandang cukup beralasan hukum untuk menyatakan hubungan kerja perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Serang Cibarusah, Serang Baru Bekasi itu, dengan Dede Saripudin dan kawan-kawan, adalah hubungan kerja dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu. Sehingga akibat hukum dari adanya pemutusan hubungan kerja, adalah kewajiban perusahaan untuk membayar uang pesangon. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of