Type to search

Berita

Baru Dikontrak Setelah Setahun Bekerja, Seorang Pekerja Tuntut Menjadi Pekerja Tetap

Share

Ilustrasi. (gambar: hukamim.blogspot.com)

Jakarta | Walau baru bekerja selama 2 tahun, akhirnya PT. Shinto Kogyo Indonesia diwajibkan menetapkan status hubungan kerja dengan Slamet Riyadi menjadi pekerja tetap terhitung sejak bekerja pada Oktober 2014. Mahkamah Agung (MA) sependapat dengan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung bertanggal 26 April 2017, yang telah lebih dahulu memerintahkan perusahaan untuk mempekerjakan kembali Slamet.

Namun, terhadap Putusan PHI Bandung No. 11/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Bdg itu, perusahaan mengajukan keberatan ke MA. Melalui kuasa hukumnya, perusahaan menganggap perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang telah dibuat bersama dengan Slamet Riyadi, seharusnya berlaku dan menjadi hukum bagi para pihak yang membuatnya sesuai dengan Pasal 1338 Kitab Undang-undang Hukum Perdata.

Menanggapi dalil keberatan tersebut, Hakim Agung Zahrul Rabain berpendapat, Putusan PHI telah sesuai dalam melaksanakan hukum acara dan putusannya tidak bertentangan dengan hukum atau undang-undang. Sedangkan mengenai beralihnya hubungan kerja kontrak menjadi pekerja tetap, adalah akibat hukum dari tidak adanya perjanjian kerja kontrak pada saat Slamet Riyadi diterima bekerja selama setahun.

“Bahwa Penggugat belum pernah menandatangani dan mendapatkan bukti PKWT, sehingga dengan demikian Tergugat berkewajiban untuk tetap mempekerjakan Penggugat”, ujar Rabain, Jum’at (29/9/2017) lalu, didampingi oleh Dwi Tajhjo Soewarsono dan Fauzan selaku Hakim Anggota.

Atas pertimbangan hukum yang termuat dalam Putusan Kasasi No. 1044 K/Pdt.Sus-PHI/2017 tersebut, maka PT. Shinto yang berkedudukan di Kawasan Industri MM2100, Bekasi, selain diwajibkan menetapkan status hubungna kerja Slamet menjadi pekerja tetap dan mempekerjakan kembali, juga dihukum untuk membayar upah selama tidak dipekerjakan terhitung sejak bulan Nopember 2016 sebesar Rp.19,6 juta. (-03)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *