Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
483

Masih Dipekerjakan Walau Kontrak Telah Berakhir, MA Benarkan Putusan Pesangon

Gedung Mahkamah Agung, Jakarta (foto: news.detik.com)

Jakarta | Keberatan yang diajukan oleh PT. Surya Nusa Silampari terhadap Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) yang telah menyatakan hubungan kerja waktu tertentu kontrak) Hairul Putra dan Muhammad Khadafi menjadi pekerja tetap, ditolak Mahkamah Agung (MA). Majelis Hakim MA yang diketuai oleh Hakim Agung Zahrul Rabain, menilai Putusan PHI Palembang telah sesuai dengan hukum.

Menurutnya, tindakan PT. Surya yang tetap mempekerjakan Hairul walau masa berlaku perjanjian kerja kontraknya telah berakhir, adalah pelanggaran terhadap ketentuan Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Selain itu, Zahrul juga menilai perjanjian kerja kontrak yang dibuat dengan Khadafi, diperpanjang lebih dari satu kali tanpa dilakukan pembaharuan tanpa jeda waktu tiga puluh hari.

Perusahaan berdalih, telah meminta Hairul untuk menanda-tangani perpanjangan perjanjian kerja kontrak, namun ditolak oleh yang bersangkutan. Sedangkan perjanjian kerja kontrak dengan Khadafi berakhir sesuai dengan masa perjanjiannya, dan tidak dapat dipaksakan untuk membuat perjanjian kerja baru, sehingga tidak memerlukan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

“Bahwa pemutusan hubungan kerja yang dijatuhkan Tergugat kepada para Penggugat, karena tidak memenuhi prosedur, maka tidak sah dan batal demi hukum”, ujar Zahrul membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan No. 878 K/Pdt.Sus-PHI/2017, Senin (4/9/2017). Namun demikian, meskipun pemutusan hubungan kerja dianggap oleh MA batal demi hukum, tetapi hubungan kerja dianggap tidak lagi dapat dipertahankan.

Terhadap petimbangan hukum tersebut, MA menguatkan Putusan PHI Palembang No. 10/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Plg tanggal 30 Maret 2017, yang menghukum perusahaan untuk membayar uang pesangon kepada Hairul yang baru bekerja setahun dan Khadafi yang baru 2 tahun sebesar Rp.26 juta lebih untuk keduanya. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of