Senin, 16 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
384

Diliburkan Tanpa Kejelasan Upah, Ratusan Buruh Datangi Pabrik Garment di Demak

Ratusan buruh perempuan datangi PT. Cipta Busana Mandiri, Jum’at (5/1/2018).
Ratusan buruh perempuan datangi
PT. Cipta Busana Mandiri, Jum’at (5/1/2018).

Demak | Diliburkan sejak Jum’at (5/1/2018), membuat ratusan buruh yang mayoritas pekerja perempuan itu, mendatangi PT. Cipta Busana Mandiri. Mereka mempertanyakan kejelasan atas upah selama diliburkan, sebab, tidak bekerjanya para pekerja tersebut, adalah akibat kesalahan perusahaan. Nur Hidayati, salah satu pekerja menuturkan, bahwa tiba-tiba produksi dihentikan tanpa adanya alasan yang jelas.

“Kami tidak bisa terima dan kami akan terus berjuang”, tutur Nur dengan penuh emosi. Menanggapi protes yang disampaikan para pekerjanya, manajemen perusahaan yang diwakili oleh Ida Wahyuni menyatakan, akan menyampaikan aspirasi pekerja kepada pemilik perusahaan yang sedang berada di Jakarta. Ia juga turut menyampaikan, bahwa dirinya tidak bisa memutuskan apa-apa, karena berstatus pekerja perusahaan juga.

Sementara itu, menurut Ahmad Zaini dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Demak Raya yang memberikan pendampingan terhadap aksi protes ratusan buruh pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Demak, Jawa Tengah tersebut, mencurigai adanya ketidak-beresan dalam pengelolaan pembayaran iuran jaminan sosial. Ia menduga, perusahaan yang beroperasi sejak tahun 2010 itu, tidak menyetorkan iuran yang telah dipotong dari gaji para pekerja. “Ada indikasi perusahaan telah melakukan tindakan ilegal yang berupa tidak disetorkanya dana BPJS Ketenagakerjaan, padahal teman teman pekerja sudah dipotong gajinya setiap bulannya”, tegasnya.

Para pekerja berharap, perusahaan bisa kembali beroperasi dan memenuhi tuntutan atas ketidakjelasan upah selama tidak dipekerjakan. Mereka juga mengaku siap menempuh upaya hukum ke Pengadilan Hubungan Industrial, bahkan melaporkan tindakan perusahaan ke polisi, akibat adanya dugaan tindak pidana upah dan iuran jaminan sosial. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of