Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
492

Enggan Terbitkan Nota Pemeriksaan, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja Digugat ke PTUN

Salah satu Penggugat, Abdul Hakim seusai mendaftarkan gugatan di PTUN Jakarta, Kamis (11/1) lalu.
Salah satu Penggugat, Abdul Hakim seusai mendaftarkan gugatan di PTUN Jakarta, Kamis (11/1) lalu.

Jakarta | Kesal dengan tindakan Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudinnakertrans) Jakarta Utara, yang tidak kunjung menerbitkan Nota Pemeriksaan sejak dimohonkan pada 28 Agustus 2017 lalu, akhirnya Abdul Hakim, Sidik Prastiyo, Mulyadi, Komarudin, Reli Abdul Gofur dan Predi Suranto mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Kamis (11/1) kemarin.

Dalam surat gugatan yang diregister dengan Perkara No. 12/G/2018/PTUN.Jkt, Abdul Hakim, dkk melalui Kuasa Hukumnya, Muhammad Sahal dan Eep Ependi dari Kantor Hukum SH & Mitra, menganggap tindakan Sudinnakertrans Jakarta Utara yang tidak mengeluarkan keputusan yang dimohonkan (diam) sebagai penolakan (fiktif negatif), sesuai dengan Pasal 3 ayat (3) Undang-Undang PTUN No. 5 Tahun 1986.

Abdul Hakim, dkk meminta Sudinnakertrans Jakarta Utara untuk menerbitkan Nota Pemeriksaan terhadap PT. Internusa Food, atas dugaan pelanggaran penyimpangan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak), kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan kebebasan berserikat.

Menurut Hakim, pada tanggal 27 September 2017, dua orang Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan dari Sudinnakertrans Jakarta Utara telah datang ke perusahaan, dan bertemu langsung dengan HRD perusahaan. Sehingga seharusnya berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 33 Tahun 2016, Sudinnakertrans Jakarta Utara diwajibkan untuk menerbitkan Nota Pemeriksaan, setelah melakukan pemeriksaan.

Dalam tuntutannya, Hakim meminta PTUN Jakarta untuk membatalkan Keputusan Penolakan (fiktif negatif) atau sikap diam Sudinnakertrans Jakarta Utara yang tidak menerbitkan atau memproses lebih lanjut permohonannya bertanggal 28 Agustus 2017, dan mewajibkan Sudinakertrans untuk memproses dan menerbitkan Nota Pemeriksaan atas permohonan yang ia ajukan, yaitu diantaranya menyatakan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang dibuat PT. Internusa Food, demi hukum menjadi pekerja tetap. (Yul)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
JONI Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
JONI
Guest
JONI

SUDAH WAKTUNYA DISNAKER MELINDUNGI YANG LEMAH/BURUH, JANGAN PIKIR PROVIT AJA……