Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
651

Berstatus Harian Lepas Selama 12 Tahun, PHI Hukum Perusahaan

Ilustrasi. (gambar: blog.talenta.co)

Pekanbaru | Bekerja sejak Juni 2004, Cipto Kaputrani dipekerjakan sebagai pekerja harian lepas oleh PT. Buana Wira Lestari Naga Mas, dengan jabatan terakhir sebagai civil engineering, akhirnya oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru ditetapkan sebagai pekerja tetap (perjanjian kerja waktu tidak tertentu).

PHI menilai, selain telah dipekerjakan selama lebih dari 21 hari dalam sebulan dan telah melebihi waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut sesuai dengan Pasal 10 ayat (3) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 100 Tahun 2004, terdapat juga Nota Pemeriksaan dari Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Sosial Tenaga Kerja Kabupaten Kampar, tanggal 3 Maret 2017.

Namun demikian, PHI mempertimbangkan adanya keinginan dari kedua belah pihak untuk tidak lagi bersedia melanjutkan hubungan kerja. “Majelis menyatakan hubungan kerja antara Penggugat dan Tergugat tidak dapat dilanjutkan lagi dan dinyatakan putus sejak putusan dibacakan tanggal 18 Juli 2017 dengan alasan Tergugat melakukan efisiensi”, ujar Hakim Martin Ginting, membacakan pertimbangan hukum dalam perkara yang diregister dengan No. 33/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Pbr, Selasa (18/7/2017).

Dalam pertimbangan hukum selanjutnya, Hakim Ginting juga menetapkan besaran uang pesangon yang harus diterima oleh Cipto sebesar Rp.61 juta lebih. Terdiri dari uang pesangon sebesar 18 bulan upah, uang penghargaan masa kerja 5 bulan upah dan uang penggantian hak sebanyak 3,45 bulan upah. Selain itu, Hakim Ginting berpendapat, PT. Buana wajib membayar upah proses selama tidak mempekerjakan Cipto sejak 15 Maret 2016 hingga hubungan kerja dinyatakan berakhir pada tanggal 18 Juli 2017, atau selama 17 bulan.

“Tergugat juga wajib membayar upah Penggugat dari sejak Penggugat diputuskan hubungan kerja sejak 15 Maret 2016 yang dikenal sebagai upah proses”, ujar Hakim Ginting. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of