Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
337

Satu Dunia Selenggarakan Pelatihan Menulis di Media Massa, Buruh? Boleh Ikut

Jakarta | Pernahkah kita merasa perlu untuk membuat opini atau press release untuk menyampaikan kegiatan perburuhan, utamanya aksi unjuk rasa? Tapi kadang kita mengatakan, susah ah! Bahkan membiarkan segala peristiwa yang bisa menjadi bahan berita untuk disampaikan kepada masyarakat, menjadi terabaikan dan selalu berujung pada cibiran masyarakat ketika buruh melangsung kegiatan unjuk rasa.

Untuk menulis sebuah kegiatan buruh, tentu terlebih dahulu, opini atau release kita harus bagus. Apa itu opini atau release yang bagus sehingga dapat dimuta di media massa? Membuat opini atau release di media massa harus bersandar pada data-data yang kuat. Karena ketika kita menulis, kita bukan sedang menulis hoak. Kita harus bisa membedakan fakta dan asumsi.

Cukupkah hanya bersandar pada data-data yang valid? Tidak. Opini atau release yang akan dijadikan artikel, setidaknya harus enak dibaca. Ingatlah pembaca kita adalah manusia. Maka artikel yang enak dibaca adalah bila artikel itu memasukkan unsur manusia.

Tentu saja masih banyak hal yang harus dikuasai ketika kita hendak menulis opini atau release di media massa. Terkait dengan itulah Yayasan SatuDunia, sebuah organisasi yang concern pada penguatan kapasitas masyarakat sipil melalui informasi, komunikasi dan teknologi menggelar workshop menulis di media massa.

Penyelenggaraan workshopnya selama 2 (dua) hari, tanggal 27-28 Februari 2018, dimulai Pukul 10.00 Wib s/d 16.00 Wib, di Co-Working SatuDunia-Media Link, Jl. Tebet Timur Dalam 8V No.21, Tebet Jakarta Selatan. Setiap peserta yang mengikuti workshop ini dikenakan biaya Rp750.000,- sebagai biaya pengganti makan siang, materi, dan sertifikat.

Dengan Materi Workshop yang terbagi menjadi dua, yaitu Dasar-Dasar Menulis (Mengenal Data, Fakta dan Asumsi, Menulis Diskripsi, Ekposisi, Argumentasi dan Narasi, serta Menulis Feature), dan Menulis di Media (Menulis Press Release serta Menulis Opini di Media Massa). Tertarik untuk menjadi peserta, silahkan hubungi Misan (0899 680 7793), atau bisa juga melalui email: misan@satudunia.net. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of