Type to search

Video

Empat Tahun Bersama buruhonline.com

Share

Guna menghadirkan lingkup yang lebih luas mengenai berbagai informasi hukum ketenagakerjaan, sekaligus membangun komunitas online dunia tenaga kerja di Indonesia, maka keberadaan website yang berisi informasi secara online hukum ketenagakerjaan secara khusus, amat diperlukan. Perkembangan tekhnologi yang kian pesat, diantaranya membawa dampak pada adanya tuntutan terhadap media informasi yang mudah dicari dan didapatkan. Berdasarkan hasil survey yang dimiliki oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Tahun 2016, selain sebanyak 22 juta pengguna yang berasal dari ibu rumah tangga, 10,3 juta mahasiswa, 8,3 juta pelajar dan 796 ribu orang lainnya, terdapat 82,2 juta pekerja dari 132,7 juta orang yang menggunakan internet di Indonesia.

Tidak sedikitnya pengguna internet dari kalangan pekerja, maka potensi pembaca dari portal berita online hukum ketenagakerjaan juga sangat besar dan luas. Tidak hanya kalangan pekerja, tetapi juga mahasiswa, praktisi bahkan pengajar juga memiliki kemungkinan untuk mengetahui informasi terbarukan dari hukum ketenagakerjaan. Kehadiran portal berita online seputar hukum ketenagakerjaan ini, diharapkan dapat memberikan jawaban atas problematika penerapan hubungan industrial dalam dunia kerja. Termasuk mengenai hak dan kewajiban pekerja serta pengusaha, bahkan hal-hal apa saja yang dapat mengakibatkan berakhirnya hubungan kerja dengan segala akibat hukumnya, menjadi topik utama dari “buruhonline.com”.

Sejak di-launching pertama kali pada 4 Desember 2014 hingga akhir tahun 2017, situs berita buruhonline.com telah dikunjungi lebih dari 1,7 juta pengunjung. Pencapaian tersebut, didukung oleh satuan tim kerja yang saling mendukung satu sama lain. Dari mencari data, sumber berita lalu mengolahnya menjadi sajian berita yang ditunggu lebih dari ribuan orang setiap harinya.

Selain menjadi media partner dalam beberapa kegiatan serikat pekerja, buruhonline.com juga melakukan kajian hukum ketenagakerjaan, yang melahirkan beberapa gugatan judicial review di Mahkamah Konstitusi. Diantaranya menguji konstitusionalitas Undang-Undang Ketenagakerjaan, Undang-Undang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, dan Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial.

Sebagai portal yang melayani informasi dan berita dengan fokus permasalahan sengketa hubungan industrial, antara pekerja/buruh dengan majikan dalam praktek keseharian yang terjadi di lembaga-lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial, buruhonline.com berusaha untuk berkelanjutan memperbaharui informasi dan berita yang menjadi fokusnya, selama 24 jam dalam seminggu. Keberadaan buruhonline.com, merupakan bagian dari upaya ikut serta dalam pembangunan dunia ketenagakerjaan Indonesia seutuhnya, dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur, yang merata, baik materiil maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *