Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.918

Upah Minimum Korea Tahun 2019 Diusulkan Sesuai Jenis Usaha

Ilustrasi. (foto: KBS News)

Asosiasi Pengusaha di Korea meminta penetapan besaran upah minimum yang akan diberlakukan tahun 2019, sesuai dengan jenis usaha demi melindungi pengelola usaha kecil.

Ilustrasi. (foto: KBS News)

Korea | Meskipun masih 6 bulan lagi, Dewan Pengupahan di Korea akan segera membahas kenaikan besaran upah minimum pada 14 Juli yang akan diberlakukan pada tahun 2019 mendatang. Sekjen Konfederasi Serikat Buruh Korea (KCTU) Lee Seong-kyeong merealisasikan upah minimum Korea Selatan tahun 2019 menjadi 10 ribu won perjam.

Jumlah tersebut naik sebesar 43,3% dibandingkan upah minimum tahun 2018, yang hanya mencapai 7.530 won perjam. Hal tersebut, seperti dikutip dari KBS News, disampaikan Lee kepada Dewan Pengupahan pada Kamis (5/7) kemarin.

Sementara itu, pihak pengusaha mengusulkan upah minimum tahun depan tetap sama dengan upah minimum tahun ini, sebesar 7.530 won perjam. Mereka juga meminta upah minimum tersebut dibedakan sesuai dengan jenis usaha demi pengelola usaha kecil, berbeda dengan di Indonesia yang menerapkan upah minimum berdasarkan sektor industri.

Berdasarkan permintaan dari kedua belah pihak, Dewan Pengupahan akan mengagendakan 4 kali pertemuan pada minggu depan, untuk menetapkan tingkat upah minimum tahun 2019 yang akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of