Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.242

Tidak Dapat Buktikan Keuntungan Perusahaan, Tuntutan Bonus Ditolak MA

Sebagai pendapatan non upah, Pengusaha dapat memberikan bonus atas keuntungan Perusahaan yang diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama.

Jakarta | Ibnu Setiawan, dkk (128 orang) dianggap tidak mampu membuktikan besaran keuntungan yang diperoleh dari PT. TPR Enpla Indonesia, sehingga terhadap gugatan besaran bonus bagi Pekerja yang telah memiliki masa kerja tiga tahun atau lebih, dan tidak pernah mangkir kerja, dapat diberikan bonus sebesar satu bulan upah, tidak beralasan hukum.

Menurut Hakim Agung Maria Anna Samiyati, sesuai Perjanjian Kerja Bersama, bonus hanya dapat diberikan kepada Pekerja apabila Perusahaan memperoleh laba (keuntungan). “Para Penggugat tidak dapat membuktikan besarnya keuntungan yang diperoleh Tergugat,” ujar Maria, Rabu (6/12/2017).

Lebih lanjut Maria dalam pertimbangan hukumnya pada Putusan Kasasi Nomor 1376 K/Pdt.Sus-PHI/2017, mengatakan, “Bonus diberikan kepada pekerja bila Perusahaan memperoleh laba, dan bonus adalah hak Perusahaan yang disampaikan kepada Serikat Pekerja, maka tuntutan Para Penggugat tidak beralasan hukum, maka ditolak”.

Sebelumnya, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung dalam Putusannya Nomor 62/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Bdg tanggal 19 Juli 2017, telah lebih dahulu menolak gugatan Ibnu Setiawan yang meminta pemberian bonus sebesar Rp.467 juta. Selain itu, PHI Bandung juga menolak gugatan balik yang diajukan oleh PT. TPR, yang menggugat Ibnu Setiawan dkk sebesar Rp. 6 miliar.

“Bahwa berdasarkan pertimbangan tersebut di atas, ternyata bahwa Putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Bandung dalam perkara ini tidak bertentangan dengan hukum dan/atau undang-undang, sehingga permohonan kasasi yang diajukan oleh para Pemohon Kasasi: Ibnu Setiawan dan kawan kawan tersebut harus ditolak,” ujar Maria. (Hak)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of