Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.107

Anjuran Diterbitkan Dinas Tenaga Kerja Provinsi, Gugatan Tidak Diterima

Penyelesaian perselisihan melalui mediasi di instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan, hanya dapat diajukan sesuai dengan cakupan wilayah di suatu Perusahaan.

Ilustrasi. (Gambar: haluannews.com)

Medan | Gugatan yang diajukan oleh Yenni Afitri Efendi, dinyatakan tidak dapat diterima oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, Kamis (11/10/2018). Menurut Ketua Majelis Hakim Deson Togatorop, Yenni dianggap keliru dalam mengajukan permohonan mediasi ke Dinas Tenaga Kerja Propinsi Sumatera Utara.

Seharusnya menurut Deson, yang berwenang untuk melakukan upaya mediasi terhadap kasus perselisihan hubungan industrial yang diajukan terhadap PT. Hokinda Citralestari, adalah Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Deli Serdang. Sebab, lokasi Perusahaan hanya berada di satu kabupaten, yakni Kabupaten Deli Serdang.

Dalam ketentuan Pasal 10 dan Pasal 11 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 92/Men/VII/2004, mengatur bahwa apabila lokasi Perusahaan berada di lebih dari satu wilayah kabupaten/kota, maka Pegawai Mediator yang berwenang memeriksanya adalah Dinas Tenaga Kerja Provinsi.

“Menimbang, bahwa oleh karena kedudukan hukum Tergugat di Kabupaten Deli Serdang dan Penggugat bekerja di tempat tersebut, maka seharusnya Mediator yang berwenang melakukan mediasi dalam perselisihan a quo adalah Mediator yang berada di kantor instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang,” ujar Deson membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan Nomor 150/Pdt.Sus-PHI/2018/PN.Mdn tersebut.

Selain itu, gugatan yang diajukan Yenni juga dianggap kurang pihak. Karena sesuai dengan surat pernyataan yang ia buat, sebelumnya bekerja di PT. Agung Mitra Mandiri lalu ditempatkan oleh PT. Dambosko Bronton di PT. Hokinda Citralestari. “Majelis Hakim berpendapat hubungan kerja Penggugat adalah dengan penyedia tenaga kerja yaitu PT. Agung Mitra Mandiri dan PT. Dambosko Bronton yang ditempatkan di PT. Hokinda Citralestari, dimana Penggugat tidak menarik PT. Agung Mitra Mandiri dan PT. Dambosko Bronton sebagai pihak, maka majelis hakim berpendapat gugatan Penggugat kurang pihak,” tegas Deson. (Haf)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of