Rabu, 13 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.502

Mogok Kerja Tidak Sah, MA Kembali Tegaskan Harus Adanya Risalah Perundingan

Sebagai bagian dari daya tawar buruh, mogok kerja kerap digelar sebagai cara terakhir untuk memaksa perusahaan menerima syarat-syarat kerja yang diajukan buruh.

Ilustrasi.

Jakarta | Meskipun masih ada upaya hukum luar biasa, yakni Peninjauan Kembali (PK), namun setidaknya harapan Angga Trilaksono Putro, dkk (308 orang) untuk tetap dapat dipekerjakan kembali oleh PT. Smelting, kandas pada tingkat Kasasi di Mahkamah Agung (MA). Dalam Putusan Nomor 388 K/Pdt.Sus-PHI/2018, MA menolak keberatan yang diajukan oleh Angga dan kawan-kawannya.

Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Agung Maria Anna Samiyati, menilai Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gresik Nomor 16/Pdt.Sus-PHI/2017 tanggal 11 Desember 2017, yang menyatakan mogok kerja Angga Trilaksono Putro, dkk tidak sah, adalah telah benar dalam menerapkan hukum dan tidak bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan.

Menurut Maria, mogok kerja yang dilakukan oleh ratusan pekerja PT. Smelting tersebut, tanpa dapat dibuktikan adanya risalah perundingan yang dipersyaratkan dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 232/Men.2003. Lanjut Maria, dengan belum adanya risalah perundingan sehingga belum dapat dikatakan telah terjadi perundingan yang gagal.

Selain itu, Maria menganggap panggilan bekerja yang dilayangkan oleh pihak perusahaan, seharusnya dita’ati bekerja. “Oleh karena Para Tergugat telah mangkir dan tidak memenuhi Panggilan untuk bekerja, maka Para Tergugat di PHK dengan menyatakan mengundurkan diri,” tegas Maria, Rabu (23/5/2018).

Dengan demikian, terhadap pernyataan tidak sahnya mogok kerja yang dilakukan oleh Angga dan kawan-kawan, dengan kualifikasi pemutusan hubungan kerja mengundurkan diri, maka PT. Smelting dihukum untuk membayar uang pisah, tunjangan hari raya dan sisa cuti tahunan yang belum diambil, yang seluruhnya berjumlah lebih dari Rp21,3 miliar. (Hak)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of