Type to search

Berita

Ada Masa Percobaan, Perjanjian Kontrak Tidak Sah

Share

Pemberlakuan masa percobaan hanya dapat diterapkan bagi pekerja yang diperjanjikan dengan waktu tidak tertentu (pekerja tetap), dan tidak dapat diberlakukan terhadap pekerja kontrak.

Permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh PT. Sinar Mas Multifinance, akhirnya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Agung  Maria Anna Samiyati, tidak menemukan adanya kekhilafan hakim yang dapat menjadi alasan pembenar untuk membatalkan putusan pengadilan sebelumnya.

Maria menyatakan, dengan memberlakukan masa percobaan (training) maka perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang dibuat perusahaan dengan Paskarius Manullang, tidak sah dan berubah menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu (pekerja tetap). “Judex juris dalam pertimbangannya sudah tepat dan benar, perjanjian kerja waktu tertentu tidak sah karena ada masa percobaan,” ujar Maria membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan No. 158 PK/Pdt.Sus-PHI/2018.

Dalam Pasal 58 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, dinyatakan: (1) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat mensyaratkan adanya masa percobaan kerja. (2) Dalam hal disyaratkan masa percobaan dalam perjanjian kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), masa percobaan kerja yang disyaratkan batal demi hukum.

Atas putusan PK tersebut, maka tidak ada lagi upaya hukum untuk membatalkan putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 73/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Pbr tanggal 15 Desember 2016, yang telah menyatakan perjanjian kontrak yang dibuat demi hukum batal, dan menghukum perusahaan membayar uang kompensasi pesangon kepada Manullang atas berakhirnya perjanjian kerja sebesar Rp30 juta lebih.

Manullang yang telah bekerja selama lebih dari 3 (tiga) tahun, tidak lagi diperbolehkan masuk kerja sejak Maret 2016. Merasa diperlakukan tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan selama bekerja, akhirnya mendorong Manullang menggugat PT. Sinar Mas Multifinance ke PHI Pekanbaru. Ia menuntut diangkat sebagai pekerja tetap, karena perusahaan telah memberlakukan masa percobaan. (Hak)

Hits: 98

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *