Rabu, 13 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
232

Berhutang Setengah Triliun, Dua Pabrik Makanan Ringan Sejuta Umat Jatuh Pailit

Dianggap tak mampu memenuhi kewajiban piutangnya, pabrik makanan ringan bermerk ‘Taro’ dan ‘Chokipero’ dinyatakan pailit.

Tidak ada yang pernah menyangka, dua produsen cemilan terfavorit dan terkemuka sejak era tahun 1990-an harus tutup karena tak mampu penuhi kewajiban piutangnya. Sejak September tahun lalu, PT. Putra Taro Paloma dinyatakan dalam keadaan pailit oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Produsen makanan ringan bermerk ‘Taro’ tersebut, diajukan pailit oleh PT. Bank UOB Indonesia yang diregister dalam Perkara Nomor 117/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Jkt.Pst itu, diklaim memiliki hutang sebesar Rp495,8 miliar. Bank UOB memilih untuk mengajukan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), setelah PT. Putra Taro Paloma tak mampu melakukan pelunasan atas piutang sebesar Rp190,7 miliar.

Buntut dari tidak adanya titik temu atas rencana perdamaian pada saat PKPU, akhirnya menghantarkan produsen makanan ringan bermerk ‘Taro’ ke gerbang kepailitan terhitung sejak 10 Desember 2018, dan mau tidak mau memutuskan hubungan kerja para pekerjanya sebanyak 1.700 orang. Selain ‘Taro’, perusahaan makanan ringan lainnya yakni PT. Radiance selaku produsen snack bermerk ‘Chokipero’juga dinyatakan pailit.

Meski telah berproduksi selama hampir lebih dari 30 tahun, PT. Radiance mengalami nasib serupa dengan PT. Putra Taro Paloma. Akibat tidak mampu membayar utangnya kepada PT. Bank Maybank Syariah Indonesia senilai Rp71,8 miliar, akhirnya Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menjatuhkan vonis pailit terhadap PT. Radiance terhitung sejak 22 Oktober 2018 lalu.

Dalam rapat pencocokan piutang pada 22 Nopember 2018, PT. Radiance yang memiliki karyawan yang tidak lebih dari 200 orang itu, disebut memiliki hutang sekitar Rp150 miliar lebih. Nilai hutang tersebut, diluar dari Personal Guarantee (PG) yang harus juga dipikul oleh Pemilik PT. Radiance. (Hak)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of