Type to search

Jaminan Sosial

Kecelakaan Kerja Meningkat Hingga 50 Ribuan di Tahun 2018

Share

Kesadaran akan pentingnya menekan angka kecelakaan dan penyakit akibat pekerjaan oleh para pelaku hubungan industrial, masih rendah.

Pada peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2019 di Istora Senayan, Selasa (15/1) kemarin, Direktur Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Krishna Syarif mengatakan, banyaknya kecelakaan kerja dengan kategori ringan yang terjadi di lingkungan pekerjaan yang berkarakter industri pabrik.

Meski begitu, lanjut Krishna, dirinya tak bosan-bosan mengajak para pelaku hubungan industrial untuk senantiasa memperhatikan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) di tempat kerja sesuai dengan bagian kerjanya masing-masing. “Bekerja sesuai standar  prosedur keamanan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan tentunya dapat membuat rasa aman dalam bekerja, dan produktivitas menjadi meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, terjadi peningkatan kecelakaan kerja di tahun 2018 dengan 173.105 kejadian dibandingkan kecelakaan yang terjadi sepanjang tahun 2017 sebanyak 123.041 kasus. Trend kenaikan yang mencapai lebih dari 50 ribuan kasus kecelakaan kerja tersebut, juga diiringi dengan peningkatan kalima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp1,2 triliun.

Disisi lain, kasus-kasus kecelakaan kerja berkategori berat didominasi oleh kasus kecelakaan lalu lintas dan di industri konstruksi. Terkait hal itu, dia mengingatkan perlunya pekerja dilindungi jaminan sosial. Pasalnya, program jaminan sosial ketenagakerjaan memberikan perlindungan sejak pekerja berangkat dari rumah, saat bekerja, hingga kembali lagi ke rumah.

Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Demikian dikatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri dalam sambutannya pada acara peringatan bulan K3 itu. Ia juga sedang mengupayakan penyempurnaan peraturan perundang-undangan serta standar bidang K3. (Yul)

Hits: 57

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *