Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
40

Serikat Buruh & Ancaman Digitalisasi Industri

Ancaman tergantikannya tenaga manusia dengan robot dalam era digitalisai 4.0, tidak sepenuhnya dapat terealisasi dalam waktu singkat. Karena, tidak semua industri manufaktur dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tekhnologi. Pandangan tersebut, terungkap dalam Diskusi yang diadakan oleh Sentral Gerakan Buruh Nasional, Sabtu kemarin di Jakarta.

Akbar melihat fenomena digitalisasi industri yang memunculkan banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja, mendorong mereka untuk menggelar diskusi. Turut hadir sebagai narasumber, Peneliti Indef, Bhima Yudhistira yang menjelaskan, bahwa otomatisasi industri bukanlah hal yang baru, namun keadaan tersebut menuntut serikat pekerja mempersiapkan strategi untuk menghadapinya.

Menurut Bhima, pekerja tidak boleh menolak jika ditempatkan pada bidang pekerjaan lain, hal tersebut bertujuan agar ia memiliki keahlian di lebih dari satu bidang pekerjaan.

Bhima juga menceritakan kesiapan Pemerintah China dalam mengantisipasi digitalisasi industri, diantaranya dengan membangun fragmentasi industri kecil di rumah-rumah penduduk, dan membangun mall online. (Ayu)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of