Type to search

Sekitar Kita

Tak Terima Ditawarkan Pesangon Ala Kadarnya, Rumah Sakit di-Somasi Pekerja

Share

Meskipun pengusaha diberikan hak untuk dapat memutuskan hubungan kerja dengan pekerjanya, tetapi wajib mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara, pada Desember 2018 lalu menganjurkan Pimpinan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Family, Pluit, Jakarta Utara untuk membayar upah dan kompensasi uang pesangon akibat pemutusan hubungan kerja yang dilakukan kepada Tri Dwi Hastuti pada bulan Juli 2018.

Atas anjuran tersebut, Tri yang telah bekerja sejak tahun 2001 akan mengirimkan somasi kepada RSIA Family, untuk meminta pelaksanaannya sesegera mungkin. Sebab, pengakhiran hubungan kerja terhadap dirinya, terkesan mengada-ada dan tidak beralasan. Terlebih, menurut Tri, pihak RS hanya bersedia memberikan delapan bulan upah atau sekitar 50 juta lebih.

Sejak diakhiri hubungan kerjanya secara sepihak, Tri tidak boleh lagi berada di lingkungan RS dan  upahnya tidak lagi pernah dibayarkan. Tindakan perusahaan yang memutuskan hubungan kerja secara sepihak dan tanpa adanya putusan pengadilan, haruslah dianggap batal demi hukum, ujar Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Ahmad Fauzi, Sabtu (26/1).

Menurut Fauzi, mekanisme yang ditempuh oleh Tri, sudah tepat. Apabila terjadi perselisihan pemutusan hubungan kerja, maka terlebih dahulu wajib diupayakan penyelesaiannya melalui musyawarah. Dan jika tidak tercapai, dilimpahkan ke Disnaker, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan Mahkamah Agung (MA).

Penawaran uang pesangon yang hanya delapan bulan gaji, dianggap Fauzi telah bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. “Dalam hal ini, Tri diputus hubungan kerjanya secara sepihak tanpa adanya kesalahan. Sehingga dirinya beralasan untuk menggugat ke pengadilan dan meminta besaran pesangonnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkas Fauzi. (Hak)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *