Type to search

Sekitar Kita

Lima Perusahaan di Banten, ‘Terciduk’ Bayar Gaji Buruh Dibawah Upah Minimum

Share

Pengusaha dilarang membayar upah dibawah upah minimum, dan terhadap pelanggaran tersebut diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Sebagai jaring pengaman, penetapan besaran upah minimum menjadi salah satu faktor tercapainya kesejahteraan bagi buruh. Sehingga segala upaya untuk menjamin pelaksanaan pemberian upah minimum, menjadi kewajiban bagi seluruh pihak, termasuk Pemerintah sebagai pembuat serta pengawas kebijakan.

Belum genap dua bulan, regulasi kebijakan besaran upah minimum diberlakukan. Di Banten, ada sebanyak lima perusahaan yang diketahui membayar gaji buruhnya tidak sesuai dengan upah minimum tahun 2019. Kelima perusahaan tersebut, ternyata tidak mengajukan penangguhan pembayaran upah.

“Berdasarkan hasil investigasi pengawas di lapangan, kami temukan lima perusahaan yang melakukan pelanggaran terkait upah minimum,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Banten, Alhamidi di Serang, Banten, Senin (18/2) kemarin. Lebih lanjut ia mengatakan, potensi kemungkinan adanya perusahaan yang melanggar itu cukup besar, karena jumlah perusahaan di Banten mencapai 15 ribu lebih.

Hamidi mengaku, jika pihaknya sedang mempertimbangkan pemberian ijin penangguhan pelaksanaan upah minimum, yang diajukan oleh 69 perusahaan. Sedangkan bagi perusahaan yang tidak melakukan pengajuan penangguhan upah, akan dilakukan pengawasan. Saat ini pihaknya juga sudah menerima sejumlah laporan terkait adanya perusahan yang tidak membayarkan upah sesuai dengan UMK 2019.

“Kita sudah turun ke lapangan, bahkan seperti di Tangerang sampai mogok kerja. Prinsipnya, perusahaan dan buruh harus menyelesaikan masalahnya karena mereka yang tahu dalamnya seperti apa, kalau nggak bisa kita akan jadi penengah,” tegas Hamidi.

1 Comment

  1. Eva 21 Februari 2019

    Ada perusahaan yg membayar gaji karyawan di bawah UMR
    Alamt, jl. Bakti mulya 2 rt 7 rw 2 posisi belakang pabrik swalow tegal alur jakarta barat gerbang no 2

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *