Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
2

Sakit & Disuruh Mengundurkan Diri, Seorang Petugas Kebersihan Gugat Perusahaannya

Ilustrasi.

Pekerja yang tidak dapat melakukan pekerjaan karena mengalami sakit, hanya dapat diputuskan hubungan kerja setelah sakitnya tersebut melewati masa dua belas bulan.

PT. Selaras Kausa Busana diwajibkan membayar uang pesangon kepada pekerjanya Yuliana Situmorang, setelah Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh perusahaan di Bekasi itu, 16 Mei 2018 silam. Yuliana yang kesehariannya bekerja sebagai Petugas Kebersihan, menggugat perusahaannya tersebut setelah ia diminta untuk mengundurkan diri karena sakit yang dideritanya.

Hakim Agung Sudrajad Dimyati menilai, Perusahaan tidak boleh memutuskan hubungan kerja kepada Pekerja yang sakit, kecuali sakitnya tersebut melebihi waktu 12 bulan secara terus menerus. Menurut Dimyati, ketentuan itu diatur dalam Pasal 153 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

Sehingga ia berpendapat, surat pengunduran diri yang dibuat Yuliana bukanlah atas dasar kemauan diri sendiri, dan karenanya haruslah dinyatakan batal demi hukum. Terhadap pertimbangan hukum tersebut, Dimyati menyatakan amar Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, telah tepat.

Sebab, hubungan kerja antara Yuliana dengan PT. Selasar tidak lagi dapat dianggap masih harmonis. Oleh karenanya, Dimyati dapat memaklumi Putusan PHI Bandung Nomor 244/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Bdg, yang menghukum perusahaan untuk membayar kepada Yuliana berupa upah beserta kekurangannya sebesar Rp21 juta lebih, dan uang pesangon sebanyak Rp99,4 juta.

“Bahwa oleh karena hubungan kerja sudah tidak harmonis lagi maka sudah tepat putusan judex facti yang menyatakan Pemutusan Hubungan Kerja dengan kompensasi 2 kali uang pesangon,” sebut Dimyati sebagaimana bunyi petikan Putusan Kasasi Nomor 973 K/Pdt.Sus-PHI/2018 tersebut.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminboEva Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Eva
Guest
Eva

Saya bekerja 2013 sampai 2018 Waktu itu saya izin sakit, dlm sehari dan ternyata saya blm baik baru masuk kerja lagi setelah 4 hari di rumah krn sakit, saya di suruh risent di karenakan izin sakit hanya sehari ternyata sampai 4 hari saya baru masuk kerja lagi, padahal dari izinharu #pertama sakit sudah ada balasan wa dari atasan #klo sudah baikan jangan lupa Baw surat dokternya #saya jawab baik pak Namanya sakit kan nggk tau kapan baik nya Bgt setelah 3 hari di rumah saya masuk besok hari nya Pagi saya di panggil atasan ke ruang kerja nya di suruh… Read more »