Jumat, 13 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
120

Belum Pungut Iuran Serikat Pekerja, Perusahaan Perhiasan Terancam Vonis Pengadilan

Dukungan dana yang berasal dari iuran anggota serikat pekerja, adalah dalam rangka peningkatan fungsi dan peran serikat buruh. Sehingga segala upaya yang diduga menghambatnya, merupakan pelanggaran undang-undang ketenagakerjaan.

Mungkin baru pertama kali dalam sejarah keberadaan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Indonesia, adanya gugatan perselisihan kepentingan terkait tindakan pengusaha yang tidak bersedia untuk membantu memungut iuran serikat pekerja dari anggotanya. Demikian dikatakan Solihin, salah satu Kuasa Hukum Pekerja PT. Central Mega Kencana, Senin (25/3) kemarin di Jakarta.

Dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 187/Men/X/2004, pengusaha mempunyai kewajiban untuk melakukan pemungutan iuran serikat pekerja yang didasarkan pada surat kuasa dari pekerja yang menjadi anggota serikat, dengan tata cara penyalurannya melalui transfer bank.

Menurut Solihin, pihaknya telah memenuhi semua persyaratan administrasi yang diminta oleh pihak perusahaan sesuai dengan hasil perundingan pada tanggal 6 Agustus 2018, untuk membantu serikat pekerja dalam memungut iuran anggotanya. “Perusahaan tidak pernah mau memotong, walaupun surat kuasa dan nomor rekening bank telah dibuat dua tahun yang lalu,” ungkapnya seusai persidangan di PHI Jakarta Pusat.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa sejak 28 Januari 2019 lalu, Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur telah menganjurkan kepada perusahaan produsen perhiasan emas itu, untuk mengabulkan permintaan pekerja terkait pemungutan iuran melalui perusahaan. Namun hingga gugatan didaftarkan ke PHI pada 13 Maret kemarin, perusahaan belum bersedia memenuhi tuntutan pekerja.

Dalam gugatan yang diregister dengan Nomor Perkara 99/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.,Pst itu, Solihin meminta Majelis Hakim PHI untuk menghukum perusahaan melaksanakan pemotongan iuran serikat pekerja terhitung sejak putusan dibacakan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of