Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
22

Diberhentikan Secara Sepihak Setelah Sembilan Tahun Dikontrak

Merasa tidak diberikan hak-hak yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku, Pekerja yang telah bekerja selama sembilan tahun dengan sistem kerja kontrak menggugat ke Pengadilan.

Kesal karena diberhentikan secara sepihak sejak 17 April 2018, Sukara menuntut PT. Saranapratama Pembangunan Kota sebesar Rp3 miliar lebih. Dalam gugatan yang teregister dengan Perkara Nomor 20/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg, ia merinci perhitungan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, uang penggantian hak, upah yang belum dibayar beserta kekurangannya.

Melalui kuasa hukumnya, Endang Kosasih, Sukara dikontrak pertama kali selama enam bulan, lalu diperpanjang kembali selama setahun dan seterusnya hingga sembilan tahun lebih. “Pertama enam bulan terus kemudian perpanjang lagi satu tahun, dan seterusnya,” ujar Kosasih, Rabu (27/3) kemarin.

Dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung yang diketuai oleh Hakim Waspin Sombolon, Kosasih menghadirkan sejumlah bukti surat, diantaranya kontrak kerja, surat keterangan kerja, dan slip gaji.

Selain menuntut pembayaran kompensasi pesangon, Sukara juga meminta PHI bandung untuk meletakkan sita jaminan asset milik Perusahaan yakni Hotel Surya Indah, yang terdiri dari tanah dan bangunan beserta isinya, yang berlokasi di Jalan Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of