Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
182

Didiagnosa Penyakit Akibat Kerja, Pekerja Berhak Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Ilustrasi. (gambar: media.iyaa.com)

Melalui Peraturan Presiden, BPJS Ketenagakerjaan diwajibkan memberikan manfaat jaminan berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan kepada pekerja yang didiagnosa menderita penyakit akibat kerja.

Pekerja yang didiagnosa oleh dokter menderita sakit yang ditimbulkan selama hubungan kerja, meskipun ia telah diputuskan hubungan kerjanya dalam jangka waktu paling lama tiga tahun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan wajib memberikannya manfaat dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Dalam Perpres Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja (link download), ditetapkan 88 jenis penyakit yang ditimbulkan dari adanya hubungan kerja. Diantaranya penyakit yang ditimbulkan dari faktor kimia, faktor fisika, faktor biologi, saluran pernafasan, kulit, gangguan otot dan kerangka, mental dan perilaku, serta kanker.

Sebelumnya, hanya 31 jenis penyakit yang dapat diberikan manfaat JKK kepada pekerja yang didiagnosa mengidap penyakit akibat kerja. Dengan Perpres yang ditanda-tangani Presiden Joko Widodo pada 25 Januari lalu itu, maka Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 1993 tentang Penyakit Yang Timbul Karena Hubungan Kerja (link download) dinyatakan tidak berlaku.

Dikutip dari laman bpjsketenagakerjaan.go.id, manfaat yang diberikan kepada pekerja yang didiagnosa oleh dokter menderita sakit yang ditimbulkan selama hubungan kerja, berupa pelayanan kesehatan antara lain dari pemeriksaan dasar, perawatan, rawat inap, HCU, ICCU, ICU, diagnostik, obat generik/obat paten, alat kesehatan, jasa dokter, operasi, transfusi darah hingga rehabilitasi medik.

Sedangkan manfaat dalam bentuk uang, diantaranya penggantian biaya pengangkutan, santunan sementara tidak mampu bekerja selama enam bulan pertama diberikan sebesar 100% dari upah, enam bulan kedua diberikan sebesar 75% dari upah, dan enam bulan ketiga diberikan sebesar 50% dari upah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of