Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
132

Ditelantarkan Perusahaan Nike, Demo Seratusan Buruh Dibubarkan Paksa Polisi

Seratusan buruh yang diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak oleh beberapa perusahaan yang mengerjakan produk Nike di Indonesia, Rabu (20/3) berunjuk rasa di depan kantor perwakilannya di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta.

Mereka meminta Nike bertanggungjawab atas pelanggaran Undang-Undang Ketenagakerjaan yang dilakukan oleh PT. Kaho Indah Citra Garment dan PT. Dream Sentosa Indonesia. Sebab, Code of Conduct brand internasional tersebut, melarang pembiaran terhadap perampasan hak buruh yang bekerja pada setiap perusahaan yang memproduksi merk Nike.

Demikian dikatakan Herman, salah satu pengunjuk rasa yang selama ini bekerja di PT. Kaho Indah Citra Garment, Jakarta. Sedangkan Dayat, merasa disia-siakan dengan cara mem-PHK-nya tanpa prosedur. Menurutnya yang telah bekerja selama belasan tahun memproduksi produk brand Nike, Nike harus ikut bertanggung jawab atas tindakan pengrumahan pekerja oleh PT. Dream Sentosa Indonesia, Karawang, tanpa ada batas waktu dan kejelasan pembayaran upah.

Aksi para buruh yang semula damai itu, sekitar satu jam kemudian, akhirnya dibubarkan paksa oleh pihak kepolisian karena dianggap telah mengganggu ketertiban umum. Tindakan tersebut sempat menyulut emosi para pengunjuk rasa. Sebab mereka tak pernah bermaksud membuat onar, mereka mendatangi Nike hanya untuk menyampaikan aspirasinya karena dilantarkan perusahaannya.

Merasa tak mendapatkan perlakuan yang layak, akhirnya para buruh mendatangi gedung Kementerian Ketenagakerjaan.

 

Selengkapnya dapat disaksikan dalam Program Berita #LEMBURAN yang hadir setiap Minggu melalui Kanal Youtube BuruhOnlineTV.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of