Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
7

Gara-gara Kurang Tulis ‘es’, Gugatan Tidak Dapat Diterima

Ilustrasi.

Dinyatakan gugatannya tidak dapat diterima, Bernand Paais mengajukan keberatan dan tetap menuntut pembayaran uang kompensasi pesangon.

Bernand dinilai telah melakukan kekeliruan dalam menyebut nama Perusahaan yang digugatnya ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Ambon. Sehingga terhadap tuntutannya kepada PT. Black Steel Properties sebesar Rp269,5 juta, dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Dalam surat gugatan yang diregister dalam perkara Nomor 1/Pdt.Sus-PHI/2018/PN.Amb., Bernand menyebut nama perusahaannya adalah PT. Black Steel Properties. Sedangkan dalam surat kuasa khusus tanggal 3 Januari 2018 yang diberikan Bernand kepada kuasa hukumnya, menyebut nama PT. Black Steel Property.

Padahal, Sherly L Sigar yang menjabat sebagai direktur perusahaan yang berada di Jl. Wolter Monginsidi, Ambon itu, menyebut badan usaha yang diwakilinya ialah PT. Black Steel Properties, bukan PT. Black Steel Property. Sehingga kekeliruan dalam gugatan Bernand guna menggugat perusahaan, hanya kekurangan ‘es’ dalam menyebut identitas perusahaan.

Dalam Pasal 118 ayat (1) HIR, penyebutan identitas para pihak merupakan syarat formil keabsahan suatu gugatan. Diantaranya nama lengkap dan alamat atau tempat tinggal yang dapat bersumber dari kartu identitas kependudukan seseorang yang diterbitkan oleh pemerintah, termasuk juga apabila salah satu pihak merupakan perseroan yang namanya dapat bersumber dari anggaran dasar dan surat-surat resmi perusahaan.

Kekeliruan dalam menyebutkan identitas pihak dapat menyebabkan gugatan tidak jelas, kabur dan antara alasan-alasan gugatan dengan tuntutan menjadi tidak sinkron. Demikian dikatakan Hakim Agung Muh. Yunus Wahab dalam pendapatnya pada Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 991 K/Pdt.Sus-PHI/2018. Atas pendapat tersebut, Yunus menilai Putusan PHI Ambon telah benar dalam menerapkan hukum dan tidak bertentangan dengan undang-undang.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of