Selasa, 12 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
70

Kesal Dimutasi Keluar Daerah, Produsen Deterjen Wings Didemo Buruh

Kebijakan mutasi hingga ke luar daerah, dinilai tidak adil dan memberatkan para buruh. Awalnya hanya beberapa orang, tetapi hingga kini ada belasan pekerja yang sudah dipindahtugaskan.

Dianggap merugikan, tiga ratusan buruh PT. Sayap Mas Utama Depo Tangerang berunjuk rasa di depan lokasi pabrik sejak Senin (4/3) kemarin. Mereka memprotes tindakan perusahaan yang sejak tahun lalu telah memutasikan belasan pekerja dari pabrik Tangerang ke Subang. Rupanya di tahun 2019 ini, produsen deterjen Wings tersebut akan melanjutkan kebijakan mutasi ke cabang lain di luar daerah.

Bagi pekerja yang merupakan penduduk asli Tangerang dan yang telah berkeluarga, rencana mutasi perusahaan dirasa memberatkan. Hal tersebut, dituduh sebagai akal-akalan perusahaan yang berada di Jalan Garuda No. 31, Batuceper, Kota Tangerang itu, untuk menyudutkan pekerja agar meminta berhenti bekerja atau mengundurkan diri.

Menurut salah seorang pengunjuk rasa Masturoh, para pekerja juga meminta agar perusahaan tidak melakukan pemotongan upah terhadap barang yang hilang, membuat perjanjian kerja bersama, menyesuaikan perhitungan besaran upah lembur, serta membayarkan sisa cuti pekerja.

“Kami telah melakukan upaya perundingan beberapa kali, namun seringkali diabaikan oleh pihak perusahaan,” ujarnya, Selasa (5/3). Masturoh menyatakan, apabila hingga Rabu tidak ada keinginan perusahaan untuk mengabulkan tuntutan, maka buruh akan terus melakukan unjukrasa.

Hingga siang tadi, belum ada perwakilan pekerja yang diterima oleh perusahaan. Bahkan sejak kemarin, tidak ada upaya apapun dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang untuk memfasilitasi perundingan antara para buruh dengan pengusaha PT. Sayap Mas Utama tersebut.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of