Rabu, 24 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
14

Dituntut Kenaikan Upah, Bridgestone ‘Sembunyikan’ Laporan Keuangan

Meskipun Bridgestone di Indonesia hingga akhir tahun 2018, belum mengumumkan laporan keuangannya, Pekerja gunakan laporan keuangan yang terkonsolidasi secara internasional.

Hal tersebut dikatakan oleh Ari Lazuardi, kuasa hukum Abdul Hafiz dan kawan-kawan, selaku Pekerja PT. Bridgestone Tire Indonesia, Senin (1/4) kemarin. Menurutnya, produsen ban terkemuka di Indonesia itu, merupakan salah satu perusahaan yang menginduk dengan entitas di luar negeri. Sehingga dengan laporan keuangan konsolidasi oleh induk Perusahaan Bridgestone, dapat dijadikan dasar untuk mempertimbangkan kemampuan Perusahaan.

Lagipula, lanjut Ari mengatakan, bahwa saksi fakta yang dihadirkannya, telah menjelaskan adanya keinginan Perusahaan yang pernah mengusulkan norma yang memberikan kewenangan sepihak Perusahaan (klausula) dalam menetapkan besaran Perbaikan Taraf Hidup (Pth) dalam draft Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

“Ada usulan dari Perusahaan mengenai dimasukkannya klausula perbaikan taraf hidup yang selama ini sering diperselisihkan,” ujarnya. Tawaran tersebut, ditolak oleh Pekerja. Sebab, besaran perbaikan taraf hidup sebagai salah satu komponen kenaikan upah, haruslah melalui proses perundingan, bukan ditetapkan secara sepihak oleh Perusahaan.

Dalam persidangan yang dipimpin oleh Hakim Waspin Simbolon itu, beragendakan mendengar keterangan saksi ahli yang diajukan oleh Pekerja. Dalam keterangannya, Erik sebagai ahli mengatakan, penggunaan dasar laporan keuangan yang terkonsolidasi secara internasional, dapat untuk melihat kondisi keuangan Perusahaan. “Sejak tahun 2018, kami tidak pernah mendapatkan laporan keuangan Perusahaan, entah apa alasannya,” keluh Ari.

Perkara yang teregister dengan Nomor 264/Pdt.Sus-PHI/2018/PN.Bdg tersebut, akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda masih mendengarkan keterangan dua saksi ahli yang diajukan oleh Pekerja, yakni ahli perburuhan dan perikatan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of