Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
3

Dua Tahun Dirumahkan Tanpa Upah, Buruh Ajukan Sebelas Gugatan

Tak pernah lagi diberikan upah selama dirumahkan dua tahun, akhirnya berbuntut pada gugatan Pekerja di Pengadilan Hubungan Industrial.

Selasa (16/4) kemarin, sebelas orang Pekerja CV. Picxel Printworks menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Yogyakarta, tanpa dihadiri oleh Pihak Perusahaan. Bertempat di ruang sidang Garuda, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Cokro Hendro Mukti itu, beragendakan kesimpulan.

Dwi Dorojadi, dkk (11 orang) selaku Penggugat, tidak terima dengan tindakan Perusahaan yang tidak lagi membayar upahnya saat dirumahkan sejak April 2017 lalu. Padahal menurutnya, Perusahaan telah membuat surat pernyataan kesanggupan untuk membayar upah selama dirumahkan.

Atas tindakan Pengusaha CV. Picxel tersebut, Dwi dan kawan-kawannya mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja melalui PHI Yogyakarta. Dalam register Perkara Nomor 18-29/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Yyk, kesebelas Pekerja tersebut mengajukan tuntutan pembayaran uang pesangon sebesar Rp1,2 miliar lebih.

Menurut Kuasa Hukum Pekerja, Rojikin, Pengusaha CV. Picxel yakni Suhendra Darma Kurniadi tidak pernah hadir sejak sidang pertama digelar Pengadilan. “Saat sidang mediasi di Disnaker, Perusahaan hadir. Tapi sekarang, nyatanya dipanggil beberapa kali tidak pernah hadir,” tegas Rojikin.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of