Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
2

Kerja Lembur di Hari Pencoblosan, Pengusaha Wajib Beri Makan Pekerjanya

Perusahaan yang mempekerjakan Pekerja selama waktu kerja lembur, diwajibkan membayar upah kerja lembur, kesempatan untuk istirahat, dan memberi makanan serta minuman kepada Pekerjanya.

Senin (8/4) kemarin, Presiden Joko Widodo telah menanda-tangani Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2019 tentang penetapan hari Rabu (17/4) sebagai hari yang diliburkan secara nasional untuk melakukan pemungutan suara di Pemilihan Umum Tahun 2019, sebagai pelaksanaan dari amanat Pasal 167 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Keputusan tersebut, diterbitkan dalam rangka memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada warga Negara Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya, yaitu memilih anggota legislatif serta pasangan Presiden dan Wakil Presiden secara serentak.

Meski telah ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun Pengusaha tetap dapat mempekerjakan Pekerjanya, dengan keharusan memberikan kesempatan kepada Pekerja untuk menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat. Hal tersebut diatur dalam ketentuan Pasal 2 ayat (1) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 102/Men/VI/2004.

Selain itu, kewajiban Pengusaha memberikan makanan dan minuman sekurang-kurangnya harus bernilai gizi 1.300 kalori, serta tidak boleh diganti dengan uang. Pengusaha yang mempekerjakan Pekerjanya di hari libur, juga harus ada perintah tertulis dari pengusaha dan persetujuan tertulis dari Pekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of