Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
6

Selisih Data Peserta BPJS, Seorang Manager HRD Diberhentikan

Ditengarai adanya selisih data jumlah Pekerja yang diikutsertakan ke dalam Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Perusahaan langsung berhentikan Manager HRD.

Dinilai dapat merugikan keuangan Perusahaan, Maimun secara sepihak diberhentikan oleh PT. Cipta Selera Murni terhitung sejak 10 Januari 2018. Masalah bermula dari adanya laporan data kepesertaan BPJS Kesehatan yang berbeda dengan jumlah Pekerja yang masih bekerja di Perusahaan. Menurut Maimun, perbedaan tersebut dapat dimungkinkan terjadi akibat adanya Pekerja yang keluar masuk.

“Setiap tanggal 20, saya melaporkan jumlah Pekerja ke BPJS Kesehatan, dan tanggal 1 bulan berikutnya Perusahaan baru mendapatkan tagihan iuran. Sehingga dimungkinkan adanya selisih jumlah Pekerja yang saya laporkan ke BPJS dengan data Pekerja yang masih aktif bekerja, akibat ada Pekerja yang berhenti bekerja,” ujar Maimun usai persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (22/4) kemarin.

Maimun tak terima dengan perlakuan Perusahaan. Begitupun dengan anjuran dari Pegawai Mediator Hubungan Industrial, yang menyarankannya untuk dapat menerima pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan oleh perusahaan. Karenanya, ia meminta Pengadilan agar menyatakan pemutusan hubungan kerja terhadap dirinya tidak sah dan batal demi hukum.

Ia juga menolak jika dikatakan oleh Perusahaan sudah menerima uang pesangon yang sudah ditransfer ke rekening pribadinya Maimun. “Menurut pihak Perusahaan mereka sudah mentransfer ke saya uang pesangon. Tapi saya kan tidak pernah tau dan tidak dikonfirmasi jumlahnya dan bagaimana perhitungannya,” terangnya.

Ia dalam gugatannya yang diregister dalam Perkara Nomor 132/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, bersikeras untuk tetap ingin melanjutkan hubungan kerja dengan Perusahaan yang telah menerimanya bekerja sejak 12 Nopember 2012 lalu. “PHK dibatalkan dan saya ingin dipekerjakan kembali,” tegas Maimun.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of