Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
59

Staff Gudang Keberatan Diperintah Cuci Mobil dan Potong Rumput, PHI Kabulkan Gugatan

Merasa bukan sebagai bagian dari pekerjaan yang seharusnya dikerjakan, seorang staff keberatan dipekerjakan untuk mencuci mobil, potong rumput dan bersih-bersih rumah hingga berujung pada pemberhentian sepihak.

Memang tak seharusnya seorang Pekerja yang ditempatkan sebagai staff administrasi, kemudian disuruh bekerja pada bidang lain. Ferlie telah berupaya untuk membicarakan hal tersebut dan mencari jalan keluar yang terbaik, dari permasalahan hubungan kerjanya dengan PT. Mandiri Elektronika Perkasa. Namun tidak tercapai kata mufakat, meskipun telah diperantarai oleh Dinas Tenaga Kerja.

“Sebenarnya Ferlie ini dipekerjakan sebagai staff gudang, namun dalam perjalanan disuruh bantu-bantu seperti motong-motong rumput. Jadi kok dipekerjakan seperti ini, dia merasa keberatan dan akhirnya diberhentikan sejak 12 April 2018,” ujar Matias Manafik seusai mendengarkan pembacaan putusan.

Senin (22/4) kemarin, akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang diketuai oleh Hakim Taryan, mengabulkan sebagian gugatan Ferlie. Melalui Putusan Nomor 323/Pdt.Sus-PHI/2018/PN.Jkt.Pst., PT. Mandiri Eelektronika Perkasa dihukum untuk membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak kepada Ferlie.

Dalam surat gugatan yang didaftarkan Ferlie sejak 01 Nopember tahun lalu itu, ia menuntut PT. Sumber memberikannya uang pesangon sebesar Rp80,3 juta. Ia menilai, besaran uang kompensasi pesangon setimpal dengan masa kerjanya yang telah mengabdi selama kurang lebih tujuh tahun.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of