Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
5

18 Tahun Bekerja Tanpa Perjanjian, Diberhentikan Dengan Alasan Habis Kontrak

Pengusaha dapat mempekerjakan Pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak), yang harus dibuat secara tertulis. Penyimpangan terhadapnya, maka hubungan kerja menjadi tetap.

Abdul Halim tidak dapat menerima pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Multibox Indah terhadap dirinya sejak Oktober tahun lalu. Pasalnya, Perusahaan mengatakan alasan pemberhentiannya karena masa perjanjian kerja kontraknya telah habis. Sedangkan ia sejak bekerja selama 18 tahun belakangan ini, tidak pernah menandatangani perjanjian kerja apapun.

Demikian dikatakan kuasa hukumnya, Benny Pardede seusai menghadiri persidangan ketiga di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang, dengan agenda jawaban dari Perusahaan. “Sebelumnya klien kami (Abdul Halim) tidak pernah disodorkan kontrak, baik itu untuk perjanjian kerja waktu tidak tertentu maupun waktu tertentu,” tegasnya, Rabu (22/05/2019) kemarin. Sehingga menurut Benny, maka hubungan kerja antara PT. Multibox dengan Abdul Halim adalah hubungan kerja tetap.

“Demi hukum dia menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu,” lanjutnya. Atas pertimbangan tersebut, Halim dalam surat gugatannya menuntut Perusahaan untuk memberikannya uang kompensasi pesangon sebesar Rp102,6 juta. Halim juga meminta agar Majelis Hakim PHI yang diketuai oleh Hakim Diah Tri Lestari, menetapkan pembayaran upah selama tidak dipekerjakan terhitung sejak Agustus 2018.

Sebelumnya, upaya penyelesaian pemutusan hubungan kerja tersebut, telah dimediasikan oleh Dinas Tenaga Kerja, yang menganjurkan agar PT. Multibox mempekerjakan kembali Abdul Halim. “Anjuran Disnaker, klien kami dianjurkan dipekerjakan kembali dan membayar hak-hak Pekerja seluruhnya,” tutur Benny.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of