Type to search

Berita

Bagai Lagu Lama Kaset Baru, Bilang Tutup Tapi Terima Pekerja Baru

Share

Pemberhentian Pekerja karena Perusahaan tutup, tidak dilarang oleh undang-undang. Tetapi, bagaimana jika hanya menjadi alasan untuk mengelabui?

Tutup dan tidak beroperasi, menjadi alasan bagi CV. Kurnia Agung Sejati dalam memutuskan hubungan kerja dengan Babay Suhaemi dan kawan-kawan (65 orang). Namun hal tersebut dibantah oleh Hanita Susilawati, kuasa hukum Pekerja CV. Kurnia yang mengatakan, faktanya Perusahaan masih beroperasi dan menerima Pekerja baru.

“Teman-teman ini di-PHK dengan alasan tutup pabrik karena tidak beroperasi lagi, tidak dipekerjakan lagi, ternyata Perusahaan (CV. Kurnia Agung Sejati) masih buka, masih menerima karyawan baru,” ujar Hanita, Senin (13/05/2019) kemarin usai menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Lebih lanjut Hanita mengatakan, alih-alih Perusahaan beralasan lain dalam memutuskan hubungan kerja dengan Babay dan kawan-kawan, yakni karena perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) telah habis. “Alasannya tidak lagi dipekerjakan, karena habis kontrak. Padahal mereka sudah bekerja selama lebih dari lima tahun,” terangnya.

Dihadapan Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana, Hanita dalam gugatannya yang diregister dengan Perkara Nomor 102/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg, meminta agar CV. Kurnia dihukum untuk mempekerjakan kembali ke-enam puluh lima Pekerjanya yang telah diberhentikan, dan menuntut kekurangan pembayaran upah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *