Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
11

Hotel Pullman Digugat Tujuh Pekerja Kontraknya

Tak hanya pekerja pabrikan, perikatan hubungan kerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu atau lazim disebut kontrak, diterapkan juga pada karyawan hotel.

Hamed selaku kuasa hukum Pekerja Andi Mudani, dkk (7 orang) menyebut Pengelola Hotel Pullman di Jakarta, telah keliru dalam menerapkan perjanjian kontrak. Sebab, jenis pekerjaan yang diperintahkan oleh PT. Wisma Nusantara International sebagai Perusahaan Pengelola Hotel tersebut, tidak sesuai dengan jenis dan sifat pekerjaan yang dimaksud oleh Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

Andi Muldani dan kawan-kawannya yang telah bekerja selama lebih dari lima tahun, tidak terima diberhentikan secara sepihak begitu saja. Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kelimanya menggugat Hotel Pullman untuk tetap mempekerjakannya kembali ditempat semula, dan menerbitkan surat keterangan sebagai pekerja tetap terhitung dengan masa kerja sejak awal bekerja.

Sebab, perjanjian kontrak yang dibuat Perusahaan telah batal demi hukum. Sebagai akibat dari jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh Andi Muldani dkk, berupa floor captain, laundry valey, dan housekeeping, yang bukanlah pekerjaan yang sementara dan dapat diperkirakan batas waktu penyelesaiannya.

“Mereka dari bawah meniti karier dengan tiga empat kali dipromosikan, tapi tetap statusnya kontrak. Padahal, pekerjaannya terus menerus yang setiap tahunnya diperpanjang,” ujar Hamed. Ia juga menceritakan, ada beberapa kejadian yang tidak wajar, seperti sehari setelah menandatangani surat pengakhiran hubungan kerja, esoknya dapat bekerja kembali dengan membuat perjanjian kontrak yang baru.

“Buat saya, (Pullman) telah mengakali. Artinya tidak pernah terputus hubungan kerjanya,” terangnya seusai persidangan yang dipimpin oleh Hakim Duta Baskara dalam Perkara Nomor 41/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst., di ruang sidang Oemar Seno Adji, Senin (6/5) kemarin.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of