Type to search

Berita

Masa Kerja 27 Tahun, Pekerja Ajukan Pensiun

Share

Pada umumnya, pemutusan hubungan kerja dengan alasan pensiun, apabila Pekerja telah memasuki usia tertentu yang ditetapkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Didik Apriatno yang telah bekerja selama 27 tahun di PT. Utama Raya Motor Industry, menilai beralasan untuk mengajukan permohonan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pensiun melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang. Didik mendasarkan penilaiannya tersebut, pada Pasal 14 Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang berlaku di Perusahaan.

Kuasa hukum Didik, Ari Bintaro mengatakan pengaturan batas masa kerja seorang Pekerja yang dapat dikualifikasi memasuki pensiun, apabila Pekerja telah bekerja sekurang-kurangnya 26 tahun. “Dalam Perjanjian Kerja Bersama pada Pasal 14, pensiun yang didasarkan pada masa kerja minimal 25 tahun,” ujarnya, Rabu (8/5) kemarin seusai persidangan.

Meskipun dinilai telah memenuhi syarat untuk mengajukan permohona pensiun, tetapi Perusahaan enggan memberikan persetujuan. Padahal, Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang telah menerbitkan anjuran, agar PT. Utama Raya Motor Industry memberikan uang pesangon kepada Didik Apriatno.

Menurut Bintaro, PKB yang mengatur batas masa kerja yang dapat dimohonkan untuk pensiun disahkan pada 27 September 2018. Dan pada 1 Oktober 2018, Didik yang menjabat sebagai Manager Quality Control mengajukan pensiun. Karena tidak mendapatkan tanggapan, lalu Didik mengajukan permohonan bantuan penyelesaian melalui Dinas Tenaga Kerja pada tanggal 1 Nopember 2018.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *