Rabu, 20 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
536

Mengajar Selama 33 Tahun, Guru SD Menolak Diberhentikan

Meski usia yang sudah lanjut, tetapi semangat seorang Guru terhadap pengabdiannya dalam dunia pendidikan, hamper mengalahkan segalanya.

Fransiska Tri Susanti Koban menolak diberhentikan oleh Yayasan Pendidikan Umum Santo Lukas, dan bertekad untuk terus membaktikan dirinya sebagai Guru Sekolah Dasar (SD) yang telah digelutinya sejak 33 tahun yang lalu. Hal itulah yang kemudian membuat Pihak Yayasan mendaftarkan gugatan pemutusan hubungan kerja pada 8 Februari 2019 lalu, dengan registerasi Perkara Nomor 42/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst.

Meski dirinya telah tidak lagi dipekerjakan sejak 01 Oktober 2018 lalu, dan ditawarkan uang kompensasi pesangon sebesar Rp115,2 juta, namun Fransiska berketetapan hati untuk terus mengajar dan mengabdi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Rambutnya yang mulai memutih dan kulitnya yang tak lagi kencang, tak sedikitpun menggoyahkan semangatnya untuk berjumpa dengan anak-anak kecil, membekali mereka dengan rasa kasih yang merupakan putra putri bangsa.

Dalam sidang lanjutan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2019) kemarin, yang beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari Pihak Yayasan Pendidikan, Fransiska meminta agar Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djunanidie, menghukum Pihak Yayasan untuk mempekerjakan kembali dirinya sebagai Guru SD.

Sebelum diputuskan hubungan kerjanya, Fransiska sempat dimutasikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diberlakukan Juli 2018. Namun ia lebih memilih untuk mengajar di SD. Sebab sertifikat pendidiknya ditempatkan di SD, dengan mata ajar Bahasa Indonesia dan PPKN. “Sertifikat pendidik itu menempatkan saya di SD, kalo dipindahkan ke SMA tidak sesuai dengan sertifikat pendidik pengajar saya,” jelasnya.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
WillyAnna Chen Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Anna Chen
Guest
Anna Chen

Bu siska ini adalah guru yg baik,anakku dan ponakanku bahkan hampir semua murid menyukainya.bahkan bisa buat teman curhat buat anak anak.dalam mengajar beliau selalu melatih anak anak untuk menulis dengan sangat sangat rapi dan belajar sampai bisa.anakku khususnya punya julukan putri solo karna lambat sekali menulisnya.setiap hari Bu siska dengan sabar menunggu nya menulis sampai selesai walaupun teman teman yg lain sudah pulang semua.semoga pemerintah membantu Bu siska.Tuhan memberkati

Willy
Guest
Willy

Walaupun guru bukan buruh ttp bersyukur buruh-online membahas ttg guru. Saya sbg org yg terpanggil jd guru prihatin bgmn byk sekolah ikut memainkan politik2 seperti ini. Yg saya alami lebih berat lg, bkn sekedar dimutasi jenjang mengejar, ttp didemosi menjadi staf yg 100% tdk mengajar, bkn hanya soal gaji yg turun ttp rotasi terlalu jauh dari passion seorang guru. Apakah buruh-online bisa tolong saya.