Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
159

Pekerja Meninggal Lima Tahun Lalu, Ahli Waris Minta Pengadilan Sita Kapal

Berakhirnya hubungan kerja karena Pekerja meninggal dunia, tidak termasuk dari jenis alasan yang dapat menyebabkan gugatan kadaluarsa.

Mungkin, habis sudah kesabaran Kusmawati selaku ahli waris dari Alm. Amiril Mu’minin yang meninggal karena mengalami kecelakaan di Kalimantan pada tahun 2013 lalu. Akhirnya, Kusmawati dengan didampingi Melvina Yanti Sirait selaku kuasa hukumnya, mengajukan tuntutan pembayaran uang pesangon kepada PT. Join Aditama Samudera melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Meskipun pemutusan hubungan kerja karena meninggal dunia dalam Pasal 154 huruf d Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, tidak memerlukan penetapan dari Pengadilan. Tetapi dengan tidak dibayarkannya hak-hak almarhum sesuai Pasal 166 UU 13/2003, maka ahli warisnya dapat mengajukan gugatan, agar diberikan sejumlah uang yang besarannya sama dengan perhitungan 2 (dua) kali ketentuan perundang-undangan.

Hubungan kerja yang berakhir karena Pekerja meninggal dunia, juga tidak menyebabkan gugatan menjadi kadaluarsa. Dalam Pasal 171 UU 13/2003, gugatan pemutusan hubungan kerja yang dikualifikasikan kadaluarsa dalam kurun waktu 1 (satu) tahun, diantaranya adalah pekerja ditahan pihak yang berwajib dan mengundurkan diri.

Usai menghadiri sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan jawaban Tergugat, Kamis (23/05/2019) kemarin, Melvina mengatakan pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan tuntutan pembayaran pesangon dan hak asuransi almarhum melalui tahapan musyawarah dan mediasi, namun tidak mencapai kata sepakat.

“Dinas Tenaga Kerja telah mengeluarkan anjuran agar Perusahaan membayar asuransi almarhum sebesar Rp150 juta dan uang PHK-nya,” ujar Melvina. Selain menuntut pesangon, Kusmawati yang merupakan istri dari almarhum, juga meminta Pengadilan menetapkan sita jaminan atas tanah dan bangunan ruko, serta satu kapal laut milik Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of