Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
101

Perusahaan Jasa Keuangan Dihukum Bayar Pesangon

Senin (27/05/2019) kemarin, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan putusan yang menghukum PT. CGS CIMB Sekuritas, untuk membayar uang kompensasi pemutusan hubungan kerja berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak kepada Pekerjanya, Hendy Setiawan.

Disampaikan oleh kuasa hukumnya usai persidangan, Fransisca menjelaskan alasan pemberhentian kerja Hendy yang dianggap telah melakukan kesalahan berat. Menurutnya, Perusahaan telah keliru dalam memutuskan hubungan kerja Hendy yang tanpa putusan Pengadilan Hubungan Industrial.

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Wasdi Permana, tindakan Hendy seharusnya terlebih dahulu dilakukan upaya hukum yang membuktikan adanya unsur perbuatan pidana atau tidak. “Pertimbangan dari Majelis Hakim, bahwa seharusnya Hendy menjalani proses hukum yang lain terlebih dahulu,” ujar Fransisca.

Lebih lanjut Sisca mengatakan, gugatan Hendy dinyatakan oleh Pengadilan telah dikabulkan sebagian. Sedangkan tuntutan atas komisi selama Hendy menjadi salesman, tidak dapat dikabulkan oleh Majelis Hakim, tuturnya. Ia juga menegaskan, PHI menyatakan putus hubungan kerja terhadap Hendy adalah terhitung sejak putusan dibacakan.

“Diputusnya hubungan kerja perhari yaitu per-dibacakannya putusan,” terang Sisca. Terhadap putusan tersebut, ia berencana akan membicarakan upaya hukum selanjutnya dengan Hendy, apakah menerima putusan atau mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of